Apa yang Terkandung dalam Penutup Pidato?

Apa Yang Terkandung Dalam Penutup Pidato?Source: bing.com

Pengantar

Ketika kita berbicara tentang pidato, kita tidak hanya membicarakan tentang isi, tetapi juga tentang bagaimana cara mengakhiri pidato. Penutup pidato adalah bagian yang sangat penting karena itu adalah kesan terakhir yang ditinggalkan pada pendengar. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang terkandung dalam penutup pidato.

Penutup Pidato yang Baik

Penutup pidato yang baik harus bisa memikat pendengar, memberikan pesan yang kuat, dan menginspirasi mereka untuk bertindak. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa penutup pidato hanya sekadar mengucapkan terima kasih untuk mendapat perhatian, tetapi sebenarnya penutup pidato dapat menjadi elemen yang paling penting dalam keseluruhan pidato.

Isi dari Penutup Pidato

Penutup pidato seharusnya mencakup beberapa elemen penting, seperti ringkasan, pesan, dan tindakan yang harus diambil oleh pendengar. Penutup pidato harus singkat dan to the point, tetapi juga harus memberikan kesan yang kuat pada pendengar.

Ringkasan

Ringkasan harus mencakup poin-poin utama yang dibahas dalam pidato. Hal ini membantu pendengar untuk mengingat pesan yang disampaikan dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap topik tersebut.

Pesan

Pesan yang diberikan dalam penutup pidato seharusnya kuat dan menginspirasi pendengar untuk bertindak. Pesan ini dapat berupa pernyataan yang singkat tetapi kuat atau kutipan yang relevan dengan topik yang dibahas.

Tindakan yang Harus diambil

Penutup pidato seharusnya menginspirasi pendengar untuk bertindak. Oleh karena itu, tindakan yang harus diambil oleh pendengar harus dijelaskan dengan jelas dalam penutup pidato. Jika pidato tentang masalah lingkungan, contohnya, penutup pidato dapat menyarankan tindakan seperti mengurangi penggunaan plastik atau memilih transportasi ramah lingkungan.

Bagaimana Membuat Penutup Pidato yang Efektif

Penutup pidato yang efektif harus mencakup pesan yang kuat, tindakan yang harus diambil, dan ringkasan yang singkat dari poin-poin utama yang dibahas dalam pidato. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat penutup pidato yang lebih efektif.

BACA JUGA  Doa Sholat Jenazah Perempuan: Pahala dan Keberkahan di Akhirat

1. Berbicara dengan Kepala dan Hati Pendengar

Penutup pidato seharusnya dapat berbicara langsung dengan kepala dan hati pendengar. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang emosional dan kuat yang dapat memotivasi pendengar untuk bertindak.

2. Hindari Pengulangan

Hindari pengulangan dalam penutup pidato karena itu akan membuat pendengar bosan. Sebaliknya, gunakan kata-kata yang berbeda tetapi memiliki makna yang sama untuk menghindari pengulangan.

3. Gunakan Kutipan yang Relevan

Gunakan kutipan yang relevan dengan topik yang dibahas dalam pidato untuk menambahkan kekuatan pada pesan yang ingin disampaikan. Kutipan tersebut dapat memotivasi pendengar untuk bertindak.

4. Gunakan Bahasa Tubuh yang Menarik

Gunakan bahasa tubuh yang menarik seperti gestur tangan atau gerakan kepala untuk menekankan pesan yang ingin disampaikan dalam penutup pidato.

Kesimpulan

Penutup pidato adalah kesan terakhir yang ditinggalkan pada pendengar. Oleh karena itu, penutup pidato harus mencakup pesan yang kuat, tindakan yang harus diambil, dan ringkasan dari poin-poin utama yang dibahas dalam pidato. Dengan memperhatikan tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat penutup pidato yang efektif yang dapat menginspirasi pendengar untuk bertindak.Semoga bermanfaat.