Cara Menyalakan HP Mati Total
Adult Asian man showing panic expression when trying to call for emergency during electricity power failure

Begini Cara Menyalakan HP yang Mati Total

HP mati total merupakan kondisi yang paling tidak ingin dialami oleh siapa pun. Mengingat tidak sedikit pengguna menyimpan data-data pentingnya di HP. Namun, jika ini terjadi, ada beberapa cara menyalakan HP yang mati total yang bisa diterapkan. Berikut ini di antaranya yang bisa Anda coba.

Isi Daya Baterai atau Charger

Ketika Anda mendapati ponsel tidak dapat dinyalakan sekalipun telah menekan tombol power, maka sepatutnya jangan langsung panik. Anda tidak perlu terburu-buru pergi ke Service Center karena bisa jadi faktor penyebab HP mati total hanyalah kehabisan daya baterai.

Hal ini tidak mustahil terjadi karena tidak sedikit kasus ponsel yang mengalami kebocoran baterai tiba-tiba mati daya. Sekali pun Anda mengingat bahwa terakhir kali daya baterai HP terisi penuh, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja mengambil charger ponsel dan isi daya baterai HP. Usahakan Anda menggunakan charger bawaan ponsel agar kualitas baterai terjaga dengan baik.

Setelah layar ponsel menunjukan bahwa proses pengisian daya berlangsung, Anda tak perlu terburu-buru mengaktifkannya. Tunggulah beberapa saat hingga daya baterai penuh.

Setelah itu, cobalah aktifkan HP Anda kembali. Jika HP tidak kunjung menyala pada saat posisi charger terlepas, maka cobalah mengaktifkannya dalam kondisi terpasang. Jika HP hanya menyala saat charger terpasang, tandanya ponsel Anda mengalami kebocoran baterai.

Gunakan Baterai Lain Sejenis

Cara ini dapat dicoba jika HP Anda masih menggunakan baterai yang dapat dilepas pasang. Apabila cara sebelumnya tidak kunjung bekerja, maka bisa jadi kerusakan parah telah terjadi pada baterai. Oleh karena itu, coba gunakanlah baterai lain yang kompatibel dengan merk dan tipe HP Anda.

Usahakanlah untuk menggunakan baterai pengganti yang orisinal sesuai dengan merk HP Anda. Anda dapat mengunjungi langsung gerai merk ponsel yang sesuai untuk melakukan pembelian baterai. Jika bisa, hindari membeli baterai di e commerce karena minimnya jaminan keaslian.

Wipe Data dan Cache

Cara menyalakan HP yang mati total berikutnya adalah dengan melakukan wiping data and cache. Hal ini dikarenakan tidak sedikit kasus HP mati total yang disebabkan oleh menumpuknya sampah data di Ponsel Anda. Ini akan membuat HP tidak lagi memiliki ruang untuk beroperasi.

Wiping ini dapat Anda lakukan pada mode Recovery. Agar Anda dapat masuk ke dalam mode Recovery, cobalah tekan bersamaan tombol volume bawah (-) dengan power. Tekan dan tahanlah kedua tombol tersebut hingga muncul tulisan yang tampak seperti coding.

Selanjutnya, Anda dapat memilih menu “Wipe” dengan cara menggunakan tombol volume sebagai navigasi. Lanjutkan dengan memilih opsi “Wipe Data” dan “Wipe Cache”. Berikutnya, matikan daya ponsel melalui mode Recovery. Setelah itu, cobalah hidupkan kembali HP Anda seperti biasa.

Factory Reset atau Reboot System

Reboot System atau Bootloop dapat juga dilakukan dengan mengakses Recovery Mode. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, maka siapkan diri akan kemungkinan kehilangan data memori internal secara total. Hal ini dikarenakan ponsel akan dikembalikan ke setelan pabrik.

Setelah Anda masuk ke dalam mode Recovery, pilihlah opsi “Factory Reset”. Lanjutkan dengan memilih opsi “Yes” dan ikuti dengan “Delete All User Data”. Setelah itu, pilih “Reboot System Now” sebagai langkah pamungkas dalam mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Lakukan Flashing pada Ponsel

Mengatasi persoalan HP yang mati total berikutnya dapat menggunakan cara flashing. Flashing ponsel ini dilakukan untuk memulihkan ulang sistem operasi HP yang terganggu. Guna melakukan flashing, Anda membutuhkan perangkat lain seperti Laptop atau PC.

Jika Anda tidak yakin dapat melakukannya sendiri, maka bawa saja HP Anda ke service center terdekat. Cara menyalakan HP yang mati total ini memang lebih aman dan mudah, karena dilakukan oleh tenaga profesional.