Semolon Destinasi Wisata Tersembunyi di Jawa Tengah

Semolon: Destinasi Wisata Tersembunyi di Jawa Tengah

Pendahuluan

Semolon Destinasi Wisata Tersembunyi di Jawa Tengah – Jawa Tengah memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang indah, seperti Dieng Plateau, Gunung Merbabu, dan Borobudur. Namun, ada satu destinasi wisata yang masih terbilang tersembunyi dan belum terlalu terkenal, yaitu Semolon.

Rute Menuju Semolon

Semolon terletak di Dusun Semolon, Desa Gombong, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa mengambil rute Yogyakarta – Semarang – Purwokerto – Wonosobo.

Dari Wonosobo, perjalanan dilanjutkan dengan mengambil rute menuju Kecamatan Selomerto. Anda akan melewati beberapa desa sebelum akhirnya sampai di Dusun Semolon. Jalan menuju Semolon cukup menantang dan terjal, namun pemandangan yang akan Anda lihat di sepanjang jalan akan sangat memuaskan.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Semolon adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati alam dan kesunyian. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Semolon:

1. Trekking

Di Semolon terdapat banyak jalur trekking yang bisa Anda tempuh. Anda bisa memulai trekking dari Desa Gombong atau dari Dusun Semolon. Jalur trekking yang tersedia cukup beragam, mulai dari jalur yang mudah hingga yang cukup menantang.

Anda akan melewati persawahan, perkebunan, dan hutan yang masih asri. Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa air terjun yang indah di sepanjang jalur trekking.

2. Camping

Jika Anda ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka, Semolon juga menyediakan area camping yang cukup luas. Area camping terletak di sekitar perkebunan dan persawahan, sehingga udara yang Anda hirup di sini sangat segar.

Anda bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang sudah disediakan oleh pengelola Semolon. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana malam yang tenang dengan melihat bintang-bintang di langit.

BACA JUGA  Air Terjun Terindah di Indonesia

3. Berkebun

Di Semolon terdapat beberapa perkebunan yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa berkebun kopi, sayuran, atau buah-buahan yang tumbuh di sana. Selain itu, Anda juga bisa belajar tentang cara bercocok tanam yang benar dari penduduk setempat.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk ke Semolon cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tenda dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 per malam.

Untuk aktivitas trekking, Anda bisa membayar sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang tergantung jalur yang Anda pilih. Jika Anda ingin berkebun, biaya yang dikenakan juga cukup murah, yaitu sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang.

Kesimpulan

Semolon adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati alam dan kesunyian. Di sini, Anda bisa melakukan trekking, camping, atau berkebun. Harga tiket masuk dan biaya aktivitas juga cukup terjangkau. Jadi, jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, jangan lupa untuk mengunjungi Semolon.

Semoga bermanfaat.