Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN Apa yang Harus Kamu Ketahui

Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN: Apa yang Harus Kamu Ketahui

Pendahuluan

Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN: Apa yang Harus Kamu Ketahui – ASEAN, atau Association of Southeast Asian Nations, telah menjadi salah satu organisasi regional terpenting di dunia. Didirikan pada tahun 1967, ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, politik, dan keamanan antara negara-negara anggotanya. Namun, ada beberapa hal yang bukan menjadi tujuan utama ASEAN saat berdiri (klik disini). Apa saja itu? Simak dalam artikel ini.

Bukan Tujuan Berdirinya ASEAN

1. Membentuk sebuah negara ASEAN

Meskipun ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama antara negara anggotanya, tidak ada rencana untuk membentuk sebuah negara ASEAN seperti Uni Eropa.

2. Menyelesaikan konflik di antara negara anggota

Meskipun tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan kerja sama dan mengurangi ketegangan antara negara-negara anggotanya, tidak termasuk tujuan mereka untuk menyelesaikan konflik yang telah terjadi di masa lalu.

3. Menjadi sebuah blok ekonomi seperti Uni Eropa

ASEAN tidak didirikan untuk membentuk sebuah blok ekonomi seperti Uni Eropa, meskipun saat ini ada usaha untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara negara-negara anggotanya.

4. Menggantikan peran PBB

ASEAN didirikan sebagai sebuah organisasi regional yang akan bekerja sama dengan PBB, bukan sebagai pengganti organisasi tersebut.

5. Mengusir negara-negara asing dari Asia Tenggara

Meskipun ASEAN merupakan organisasi regional yang bersifat independen, tidak termasuk tujuan mereka untuk mengusir negara-negara asing dari Asia Tenggara.

6. Meningkatkan pertahanan militer

Tujuan utama ASEAN adalah untuk meningkatkan kerja sama antar negara anggotanya, bukan untuk meningkatkan kekuatan militer masing-masing negara.

7. Menghapus perbedaan bahasa dan budaya

Meskipun ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama antar negara anggotanya, tidak termasuk di dalamnya untuk menghapus perbedaan bahasa dan budaya di antara negara-negara anggotanya.

BACA JUGA  Teknik Dasar Passing Bawah dalam Sepak Bola

8. Menjadi sebuah aliansi militer

Meskipun ada usaha untuk meningkatkan kerja sama militer antara negara-negara anggota ASEAN, tidak termasuk di dalam tujuan mereka untuk membentuk sebuah aliansi militer.

9. Meningkatkan hak asasi manusia di negara-negara anggota

Meskipun ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama antar negara anggotanya, tidak termasuk di dalamnya untuk meningkatkan hak asasi manusia di negara-negara anggota.

10. Menjadi sebuah organisasi politik yang bersatu

Meskipun ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama politik antar negara anggotanya, tidak termasuk di dalamnya untuk membentuk sebuah organisasi politik yang bersatu.

11. Meningkatkan kesejahteraan sosial di negara-negara anggota

Meskipun ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama antar negara anggotanya, tidak termasuk di dalamnya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di negara-negara anggota.

12. Menyelesaikan konflik di antara negara anggota dan negara-negara lainnya

Tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan kerja sama di antara negara anggotanya, bukan menyelesaikan konflik dengan negara-negara lain di luar ASEAN.

13. Menjadi pengganti perdagangan dengan negara lain di luar ASEAN

Meskipun ada usaha untuk meningkatkan perdagangan antara negara-negara anggota ASEAN, tidak termasuk di dalam tujuan mereka untuk menggantikan perdagangan dengan negara lain.

14. Menghapus batasan perdagangan antar negara anggota

Tujuan ASEAN adalah untuk meningkatkan perdagangan antara negara anggotanya, namun bukan untuk menghapus batasan perdagangan secara total.

15. Menjadi sebuah negara adidaya

ASEAN tidak didirikan untuk menjadi sebuah negara adidaya, melainkan sebagai sebuah organisasi regional.

16. Menjadi sebuah aliansi politik dengan negara-negara lain di luar ASEAN

Meskipun ada usaha untuk meningkatkan kerja sama politik antara negara-negara anggota ASEAN dengan negara-negara lain, tidak termasuk di dalam tujuan mereka untuk membentuk sebuah aliansi politik.

BACA JUGA  5 Juni Zodiak Apa?

17. Menjadi sebuah komunitas yang seragam dalam hal politik dan ekonomi

ASEAN tidak memiliki tujuan untuk membentuk sebuah komunitas yang seragam dalam hal politik dan ekonomi, namun untuk meningkatkan kerja sama di antara negara anggotanya.

18. Menjadi sebuah negara yang memiliki satu mata uang

Meskipun ada usaha untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara negara-negara anggota ASEAN, tidak termasuk di dalam tujuan mereka untuk membentuk sebuah negara dengan satu mata uang.

19. Menggantikan peran negara anggota

Meskipun ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama antar negara anggotanya, tidak termasuk tujuan mereka untuk menggantikan peran negara anggota.

20. Meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan nuklir

Meskipun ada usaha untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan antara negara-negara anggota ASEAN, tidak termasuk di dalam tujuan mereka untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan nuklir.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin menyadari bahwa ada beberapa hal yang bukan menjadi tujuan utama dari berdirinya ASEAN. Namun, hal-hal tersebut tidak mengurangi pentingnya ASEAN sebagai organisasi regional yang berperan dalam meningkatkan kerja sama antar negara-negara anggotanya. Dengan kerja sama yang baik, ASEAN dapat membawa manfaat besar bagi seluruh negara anggotanya.

Semoga bermanfaat.