Cara Daftar BPJS Gratis Online

Cara Daftar BPJS Gratis Online

Pendahuluan

Bagi sebagian orang, BPJS Kesehatan mungkin masih terdengar asing. Namun, BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang terjamin dan terjangkau. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang biaya pengobatan yang mahal.Untuk mendaftar BPJS Kesehatan, masih banyak orang yang tidak tahu caranya. Namun, dengan kemajuan teknologi, kini mendaftar BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online. Berikut adalah cara daftar BPJS gratis online yang bisa Anda ikuti.

Cara Daftar BPJS Gratis Online

1. Memenuhi syarat

Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk mendaftar BPJS Kesehatan. Syaratnya adalah Anda wajib menjadi penduduk Indonesia atau Warga Negara Indonesia (WNI) dengan KTP dan KK yang masih berlaku.

2. Kunjungi situs resmi

Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id. Kemudian, klik menu “Layanan Peserta” dan pilih “Pendaftaran Peserta Baru”.

3. Pilih jenis peserta

Setelah itu, pilih jenis peserta yang ingin Anda daftarkan. Ada beberapa jenis peserta yang bisa dipilih, seperti peserta yang mandiri, peserta yang bekerja, atau peserta yang dipotong gajinya oleh perusahaan.

4. Isi data diri

Isi data diri Anda dengan lengkap pada form pendaftaran yang muncul. Pastikan bahwa data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan data pada KTP dan KK.

5. Cek kembali data

Setelah selesai mengisi data diri, jangan lupa untuk mengecek kembali data yang telah diisi dan pastikan bahwa tidak ada yang salah. Setelah yakin semuanya benar, klik “Daftar”.

6. Nomor virtual account (VA)

Selanjutnya, Anda akan diberikan nomor virtual account (VA). Anda bisa menggunakan nomor VA tersebut untuk membayar iuran BPJS.

BACA JUGA  Niat Puasa Sunnah Rajab & Doa Buka Puasa Sunnah Rajab

7. Iuran BPJS

Iuran BPJS Kesehatan tergantung dari jenis peserta yang Anda pilih. Untuk peserta mandiri adalah Rp 80.000/bulan, sedangkan untuk peserta yang bekerja, iuran BPJS Kesehatan dipotong langsung dari gaji.

8. Menyimpan bukti pembayaran

Setelah membayar iuran BPJS, pastikan bahwa Anda menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Manfaat dari BPJS Kesehatan

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa memperoleh manfaat berikut:

1. Biaya pengobatan yang terjangkau

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa memperoleh layanan kesehatan yang terjangkau. Anda hanya perlu membayar iuran yang relative murah dibandingkan dengan biaya pengobatan yang sebenarnya.

2. Fasilitas kesehatan yang terjamin.

BPJS Kesehatan juga bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dan klinik yang sudah bekerja sama. Sehingga, Anda bisa memperoleh fasilitas kesehatan yang terjamin.

3. Perlindungan kesehatan yang memadai

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa memperoleh perlindungan kesehatan yang memadai. Anda bisa memperoleh layanan kesehatan dari mulai pemeriksaan rutin hingga pengobatan untuk penyakit kronis.

Kesimpulan

Itulah cara daftar BPJS gratis online yang bisa Anda ikuti. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa memperoleh perlindungan kesehatan yang terjamin dan terjangkau. Jangan lupa untuk membayar iuran BPJS secara rutin agar layanan kesehatan selalu terjamin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan.