Cara Mengubah Notifikasi WA

Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi – WhatsApp adalah salah satu aplikasi untuk chattingan online yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. WhatsApp memudahkan kita untuk saling berkirim pesan, baik dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan juga file dokumen. Bahkan di WA kita juga memungkinkan saling membagikan lokasi.

Sebagai pengguna WhatsApp, kita biasanya memasang suara notifikasi tertentu sebagai penanda bahwa ada chat atau panggilan yang masuk. Dalam hal ini kita bisa membuat notifikasi WhatsApp yang unik dengan suara Google. Meski begitu, belum banyak pengguna yang tahu cara mengubah notifikasi WA dengan suara Google tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi tambahan. Informasi mengenai penggunaan suara Google untuk notifikasi WA tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengubah Notifikasi WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi

Sebenarnya sangat mudah untuk mengganti notifikasi WhatsApp dengan suara Google di android. Untuk melakukannya, kita perlu membuat notifikasi suara Googlenya terlebih dahulu di situs Sound of Text. Kemudian menggunakan file audio yang sudah dibuat tersebut sebagai notifikasi di WhatsApp.

Adapun cara mengubah notifikasi WA dengan suara Google tanpa aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Membuat Notifikasi Suara Google

Untuk cara ini kita bisa menggunakan situs Sound of Text yang bisa diakses di browser. Situs tersebut gratis untuk digunakan dan hanya butuh koneksi internet untuk mengaksesnya.

  1. Langkah yang pertama Anda buka browser di perangkat smartphone.
  2. Kemudian kunjungi situs Sound of Text melalui LINK INI. https://soundoftext.com/
  3. Pada halaman situs tersebut, Anda masukkan teks yang ingin dijadikan Suara Google untuk notifikasi WhatsAppnya nanti pada kolom Text. Misalnya saja, “Assalamu’alaikum, ada gak orangnya?”.
  4. Jika sudah, selanjutnya pada kolom di bawahnya atau kolom Voice Anda ubah menjadi Indonesia.
  5. Selanjutnya klik tombol Submit, maka proses pembuatan notifikasi Suara Google akan berjalan.
  6. Dihasil Soundnya, Anda bisa klik PLAY terlebih dahulu untuk mengetes suaranya. Jika memang sudah pas, selanjutnya klik tombol DOWNLOAD.
  7. File audio akan secara otomatis disimpan ke memori internal HP.

Langkah 2. Mengubah Notifikasi WhatsApp

Setelah selesai membuat suara notifikasi, selanjutnya menggunakan suara notifikasi yang dibuat tersebut untuk notifikasi WhatsApp. Untuk langkah-langkah mengubahnya sendiri, yakni:

  1. Pertama Anda buka aplikasi WhatsApp di perangkat smartphone.
  2. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik menu Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian pilih opsi Setelan.
  4. Lanjutkan dengan klik pada opsi Notifikasi.
  5. Pada bagian Pesan, Anda klik pada opsi Nada Notifikasi. Kemudian klik pada opsi Pilih dari File, lalu cari dan pilih file Notifikasi Suara Google yang sudah dibuat tadi lalu gunakan. Cara ini digunakan untuk mengubah notifikasi saat ada chat yang masuk.
  6. Lanjut ke bagian Grup, Anda klik pada opsi Nada Notifikasi yang ada di bawahnya. Kemudian klik pada opsi Pilih dari File, lalu cari dan pilih file Notifikasi Suara Google yang sudah dibuat tadi. Untuk cara ini digunakan jika ingin mengubah notifikasi saat ada chat dari grup yang masuk.
  7. Selanjutnya ke bagian Panggilan, Anda klik opsi Nada Dering yang ada di bawahnya. Kemudian klik opsi Pilih dari File, lalu cari dan pilih file Notifikasi Suara Google yang sudah dibuat tadi. Cara ini berguna untuk mengubah suara nada dering saat ada panggilan masuk di WA.

Itulah tadi cara mengubah notifiaksi WA dengan suara Gogole tanpa aplikasi yang mudah bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.