Doa Ketika Membasuh Muka

Doa Ketika Membasuh Muka

Pengertian Membasuh Muka

Membasuh muka merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan membersihkan kotoran yang menempel pada wajah. Selain itu, membasuh muka juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah dan menyegarkan kembali kulit wajah.

Doa Ketika Membasuh Muka

Dalam Islam, membasuh muka tidak hanya dilakukan dengan tujuan membersihkan kotoran saja, tetapi juga sebagai bagian dari ibadah. Sebelum membasuh muka, seorang muslim diwajibkan untuk membaca doa berikut:

‚ÄúBismillahirrahmanirrahim, Allahumma ash-hadu annii atawajjahu ila wajhi-ka-al-karim wa ana aghnisu an-nafsi wa ana-muslimun. Subhaanakallahumma wa bihamdika ash-hadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu dan menghadapkan wajahku hanya kepada-Mu, Yang Maha Mulia. Aku menghindari diriku dari kesombongan dan aku berserah diri kepada-Mu. Maha Suci Engkau, ya Allah, dan segala puji hanya bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Dengan membaca doa ketika membasuh muka, seorang muslim diharapkan dapat melakukan ibadah dengan lebih khusyuk dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Manfaat Membasuh Muka

Selain sebagai bagian dari ibadah, membasuh muka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah (klik disini). Berikut adalah beberapa manfaat membasuh muka yang baik untuk kesehatan kulit:

1. Membersihkan kotoran pada wajah

Ketika terkena debu dan polusi, kulit wajah menjadi kotor dan berminyak. Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan air bersih dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit wajah.

2. Mengurangi resiko jerawat

Jerawat seringkali timbul akibat kulit wajah yang kotor, baik karena polusi maupun karena minyak berlebih. Dengan membasuh muka secara teratur, maka resiko terkena jerawat dapat dikurangi.

BACA JUGA  Prediksi Bali United vs Persik Kediri: Siapa yang akan Menjadi Pemenang?

3. Menghidrasi kulit wajah

Membasuh muka dengan air bersih juga dapat membantu menghidrasi kulit wajah. Setelah membasuh muka, pastikan untuk mengeringkan kulit wajah dengan handuk atau tisu agar kulit tidak menjadi terlalu basah.

Kesimpulan

Membasuh muka adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dalam Islam, membasuh muka juga menjadi bagian dari ibadah dengan membaca doa yang telah disebutkan di atas. Semoga dengan membaca artikel ini, kita semua dapat lebih memahami pentingnya membaca doa ketika membasuh muka dan manfaat dari membasuh muka secara teratur.Semoga bermanfaat.