Pantai Ora, Surganya Wisata Bahari di Maluku Tengah

Pantai Ora, Surganya Wisata Bahari di Maluku Tengah

Maluku dikenal sebagai provinsi kepulauan dengan banyak destinasi wisata bahari yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Ora yang terletak di desa Sawai, Maluku Tengah. Pantai ini mempunyai panorama alam yang indah dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Dalam artikel ini, kami akan membahas rute menuju, aktivitas di lokasi wisata, penginapan terdekat, dan harga tiket masuk wisata pantai ini.

Rute Menuju Pantai Ora

Pantai Ora berlokasi di Kecamatan Seram Timur, tepatnya di Desa Sawai, Maluku Tengah. Akses untuk menuju ke pantai ini dapat dilakukan melalui jalur udara dan laut. Pilihan transportasi yang tersedia adalah sebagai berikut:

1. Pesawat

Terdapat penerbangan langsung dari Jakarta ke Ambon dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Setelah tiba di Bandara Pattimura, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan pesawat ke Bandar Udara Dumatubun di Seram Timur. Dari sana, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau sewa mobil untuk mencapai pantai.

2. Kapal

Terdapat kapal feri dari Pelabuhan Tulehu di Ambon ke Pelabuhan Amahai di Seram Timur. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 3 jam. Setelah itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum atau sewa mobil untuk mencapai pantai.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan bagi para wisatawan. Beberapa aktivitas yang dapat dinikmati di lokasi wisata ini diantaranya:

1. Snorkeling dan Diving

Pantai ini memiliki kekayaan terumbu karang yang luar biasa. Wisatawan dapat melakukan snorkeling atau diving untuk melihat keindahan bawah laut. Spot snorkeling dan diving yang populer di sini adalah Tanjung Ora, Pulau Negeri, dan Pulau Rumberpon.

2. Berenang dan Berjemur

Wisatawan dapat menikmati deburan ombak dengan berenang atau berjemur di pantai. Pantai ini juga cocok untuk bermain-main dengan keluarga atau bersantai sambil menikmati pemandangan.

BACA JUGA  Pantai Jemeluk: Wisata Pantai Eksotis di Bali

3. Menjelajahi Pulau-Pulau Sekitarnya

Di sekitar pantai terdapat beberapa pulau kecil yang dapat dijelajahi oleh wisatawan. Beberapa pulau yang populer di antaranya adalah Pulau Negeri, Pulau Rumberpon, dan Pulau Tengah.

4. Menikmati Kuliner Lokal

Di sekitar pantai terdapat berbagai macam kuliner lokal yang patut dicoba oleh wisatawan. Beberapa makanan khas Maluku yang populer di sini adalah ikan bakar, sate kuda, dan bubur sagu.

Penginapan Terdekat di Pantai Ora

Untuk penginapan, wisatawan dapat memilih beberapa pilihan hotel dan penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Berikut adalah beberapa penginapan terdekat yang dapat dijadikan alternatif:

1. Hotel Ora Beach

Hotel ini terletak di pantai  dan menawarkan pemandangan laut yang indah. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp 2.000.000 РRp 5.000.000 per malam.

2. Hotel Grand Vilia

Hotel ini terletak di Kota Masohi, sekitar 1 jam perjalanan dari pantai ini. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp 500.000 – Rp 1.500.000 per malam.

3. Penginapan Wak Hanai

Penginapan ini terletak di Desa Sawai, sekitar 10 menit perjalanan dari pantai. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp 200.000 – Rp 500.000 per malam.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke pantai ini, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Jika wisatawan membawa kendaraan pribadi, maka dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Kesimpulan

Bagi para pecinta wisata bahari, Pantai Ora merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Dengan panorama alam yang menakjubkan dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati, Pantai Ora dapat memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dengan rute menuju yang mudah dijangkau, wisatawan dapat menikmati keindahan Pantai Ora dengan mudah. Jangan lupa untuk mencoba kuliner lokal dan menginap di beberapa penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Ora.

BACA JUGA  Air Terjun Parang Bugisi, Keindahan Alam di Tengah Kota Makassar

Semoga bermanfaat.