proses yang terjadi pada tahapan telofase adalah

Proses Yang Terjadi Pada Tahapan Telofase AdalahSource: bing.com

Proses Telofase pada Sel

Pengertian Telofase Telofase merupakan salah satu tahap dalam proses pembelahan sel atau mitosis. Tahapan ini berlangsung setelah anafase dan ditandai dengan pemisahan kromosom yang telah terkondensasi. Telofase merupakan bagian dari siklus sel yang sangat penting karena pada tahap ini sel akan mempersiapkan diri untuk memulai pembelahan sel.

Tahap-tahap Telofase Tahap telofase terbagi menjadi beberapa bagian. Berikut ini adalah tahap-tahap yang terjadi pada telofase:

1. Pembelahan nukleus Pada awal telofase, terjadi pembelahan nukleus dimana membran inti akan terpecah menjadi fragmen-fragmen kecil dan nukleolus akan kembali muncul. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan nukleus agar dapat membagi kromosom dengan benar.

2. Pemisahan kromosom Setelah pembelahan nukleus, kromosom-kromosom yang telah saling berdekatan dan terkondensasi akan dipisahkan menjadi dua bagian dan akan bergerak ke ujung sel. Proses ini terjadi secara bertahap dan dibantu oleh mikrotubulus.

3. Pembentukan inti Setelah kromosom-kromosom terpisah, nukleus baru mulai terbentuk di kedua ujung sel. Pembentukan nukleus baru ini didorong oleh pembentukan membran nukleus yang disebut dengan kariomorfosis.

4. Pembentukan sitoplasma Saat inti baru terbentuk, sel akan mulai mempersiapkan pembentukan sitoplasma. Sitoplasma akan terbentuk secara bertahap dan membentuk dua sel anak.

Peran Telofase pada Sel Telofase memiliki peran penting dalam pembelahan sel. Berikut adalah beberapa peran yang dimiliki oleh tahap telofase:

1. Memisahkan kromosom Pada tahap ini, kromosom-kromosom yang telah terkondensasi akan dipisahkan menjadi dua bagian. Hal ini dilakukan agar dua sel anak yang terbentuk nantinya memiliki jumlah kromosom yang sama.

2. Memperbaiki sel Selama tahap ini, sel mulai memperbaiki diri dan mempersiapkan pembentukan sel anak. Sel akan berhenti tumbuh dan mulai mengatur diri untuk memulai pembelahan sel.

3. Membentuk sel anak Setelah sel mempersiapkan diri, tahap selanjutnya adalah membentuk sel anak. Dalam tahap ini, sel membagi diri menjadi dua dan membentuk dua sel anak yang identik.

Kesimpulan Telofase sangat penting dalam pembelahan sel karena pada tahap ini sel mempersiapkan diri untuk memulai pembelahan sel. Proses yang terjadi pada tahap ini meliputi pembelahan nukleus, pemisahan kromosom, pembentukan inti, dan pembentukan sitoplasma. Telofase juga memiliki peran penting dalam memisahkan kromosom, memperbaiki sel, dan membentuk sel anak.Semoga bermanfaat!

BACA JUGA  Niat Puasa Idul Adha 1 Hari