Tanggal Berapa Puasa NU

Tanggal Berapa Puasa NU?

Pengertian Puasa NU

Puasa NU atau biasa dikenal dengan Puasa Syawal adalah puasa yang dilakukan setelah hari raya Idul Fitri yang merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan dilakukan oleh Nahdlatul Ulama (NU) serta umat Islam di Indonesia pada khususnya.

Puasa ini dilakukan pada bulan Syawal, yaitu bulan kedua setelah bulan Ramadhan yang dimulai pada tanggal 2 Syawal dan berlangsung selama 6 hari berturut-turut.

Sejarah Puasa NU

Puasa ini pertama kali diperkenalkan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan, pendiri NU, pada awal abad ke-20. Kiai Haji Ahmad Dahlan mengajarkan pentingnya menjaga kesucian hati setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa Syawal ini juga memiliki makna yang sangat penting. Selain untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh, puasa Syawal juga diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat Islam.

Keutamaan Puasa NU

Puasa ini memiliki banyak keutamaan (klik disini). Salah satu keutamaannya adalah penghapus dosa selama satu tahun penuh. Selain itu, puasa Syawal juga dapat meningkatkan keimanan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa Syawal juga dapat membantu membersihkan dan mengembalikan kesehatan usus. Ini karena pada saat berpuasa Syawal, usus manusia akan beristirahat sejenak dan memperbaiki dirinya.

Cara Berpuasa NU

Cara berpuasa Syawal sama dengan cara berpuasa pada umumnya. Puasa dilakukan dari matahari terbit hingga matahari terbenam, selama 6 hari berturut-turut.Ketika berpuasa, sebaiknya hindari makanan yang pedas atau berlemak, karena dapat meningkatkan rasa haus. Sebaiknya, pilih makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berpuasa NU

Selama berpuasa Syawal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

BACA JUGA  Mengenal Lebih Dekat Niat Mandi Haid dalam Bahasa Arab

1. Hindari makanan yang pedas atau berlemak, karena dapat meningkatkan rasa haus.

2. Jangan terlalu banyak beraktivitas, karena dapat menurunkan stamina.

3. Hindari merokok dan minuman beralkohol.

4. Perbanyak ibadah, seperti sholat dan membaca Al-Quran.

Tanggal Puasa NU Tahun Ini

Berdasarkan kalender islam, Puasa Syawal tahun ini dimulai pada hari Rabu, 12 Mei 2021 dan berakhir pada hari Senin, 17 Mei 2021.

Kesimpulan

Puasa NU atau Puasa Syawal merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dilakukan setelah hari raya Idul Fitri, pada bulan Syawal. Puasa Syawal memiliki banyak keutamaan dan makna, seperti penghapus dosa selama satu tahun penuh, meningkatkan keimanan, dan menurunkan berat badan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah pengetahuan seputar agama Islam.