Air Terjun Pletuk Keindahan Alam yang Menawan di Kabupaten Banyumas

Air Terjun Pletuk: Keindahan Alam yang Menawan di Kabupaten Banyumas

Rute Menuju Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk terletak di Dusun Pletuk, Desa/Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Purwokerto. Ada beberapa rute menuju ke lokasi wisata ini:

1. Rute 1

Purwokerto – Kembaran – Kebasen – Air Terjun. Anda bisa mengambil rute ini jika Anda berangkat dari pusat kota Purwokerto. Dari Purwokerto, Anda bisa menuju ke arah utara melalui Jalan Jenderal Soedirman. Setelah melewati Pasar Kembaran, Anda akan sampai di Desa Kebasen. Ikuti petunjuk arah ke lokasi.

2. Rute 2

Purwokerto – Sokaraja – Kebasen – Air Terjun. Rute ini cocok bagi Anda yang berangkat dari Sokaraja atau daerah sekitarnya. Dari Sokaraja, Anda bisa menuju ke arah selatan melalui Jalan Raya Sokaraja – Purwokerto. Setelah melewati Desa Kebasen, Anda akan sampai di lokasi.

3. Rute 3

Cilacap – Kebasen – Air Terjun. Rute ini cocok bagi Anda yang berangkat dari Cilacap atau daerah sekitarnya. Dari Cilacap, Anda bisa menuju ke arah utara melalui Jalan Raya Cilacap – Purwokerto. Setelah melewati Desa Kebasen, Anda akan sampai di lokasi.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Air Terjun Pletuk menawarkan keindahan alam yang menawan. Selain menikmati keindahan air terjun yang spektakuler, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi wisata ini:

1. Menikmati pemandangan alam

Di sekitar Air Terjun, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang memukau. Anda bisa melihat panorama pegunungan dan hutan yang hijau.

2. Berenang di kolam air terjun

Kolam air terjun di Air Terjun ini sangat jernih dan segar. Anda bisa berenang atau sekadar berendam di kolam ini.

BACA JUGA  Pantai Batu Bintang: Surga Tersembunyi di Tengah Pulau Jawa

3. Memancing di sungai

Sungai di sekitar Air Terjun cukup bersih dan banyak ikan. Anda bisa memancing atau sekadar melepas penat di tepi sungai.

4. Camping atau piknik

Di sekitar Air Terjun, ada beberapa area yang cocok untuk camping atau piknik. Anda bisa membawa tenda dan perlengkapan camping atau sekadar membawa tikar dan makanan untuk piknik.

5. Trekking

Air Terjun ini terletak di kawasan hutan yang masih asri. Anda bisa melakukan trekking atau hiking di sekitar lokasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke lokasi wisata Air Terjun, Anda perlu membayar tiket masuk. Berikut adalah harga tiket masuk wisata:

1. Tiket masuk untuk wisatawan domestik: Rp 10.000,- per orang.

2. Tiket masuk untuk wisatawan asing: Rp 20.000,- per orang.

3. Tiket masuk untuk kendaraan bermotor: Rp 5.000,- per kendaraan.

4. Tiket masuk untuk tenda: Rp 10.000,- per tenda.

5. Tiket masuk untuk camping car: Rp 20.000,- per kendaraan.

Kesimpulan

Air Terjun Pletuk adalah wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang menawan di Kabupaten Banyumas. Lokasi wisata ini mudah diakses dan menawarkan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari menikmati pemandangan alam, berenang di kolam air terjun, memancing di sungai, camping atau piknik, hingga trekking. Harga tiket masuk wisata Air Terjun juga terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi dan nikmati keindahan alamnya.

Semoga bermanfaat.