Air Terjun Timbulun Pesona Alam yang Menakjubkan

Air Terjun Timbulun: Pesona Alam yang Menakjubkan

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang menakjubkan, salah satunya adalah air terjun Timbulun. Air terjun ini terletak di Desa Timbulun, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh air terjun lainnya, yaitu keindahan alamnya yang masih alami dan terjaga dengan baik.

Rute Menuju Air Terjun Timbulun

Untuk menuju ke air terjun, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau travel. Dari kota Mataram, perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melewati jalur Mataram – Praya – Kuta – Tanjung Aan – Pujut. Kemudian, Anda akan melewati jalan menanjak yang cukup terjal sejauh 2 km hingga sampai di area parkir. Setelah itu, Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km untuk mencapai lokasi air terjun.

Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menaiki angkutan kota rute Mataram – Praya. Setelah itu, Anda dapat menggunakan travel atau ojek untuk menuju ke air terjun ini.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Air terjun Timbulun menawarkan pengalaman wisata yang sangat menyenangkan bagi para pengunjung. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berenang, memancing, dan bersepeda.

Salah satu aktivitas yang paling populer adalah berenang. Air terjun ini memiliki kolam alami yang sangat jernih dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk berenang dan bermain air bersama keluarga atau teman. Selain itu, Anda juga dapat memancing di kolam alami tersebut.

Bagi Anda yang suka bersepeda, air terjun ini juga memiliki jalur sepeda yang sangat menarik. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil bersepeda di sekitar air terjun.

BACA JUGA  Menikmati Keindahan Alam di Carocok dengan Aktivitas Seru

Harga Tiket Masuk Wisata

Tiket masuk ke wisata air terjun ini cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000,- per orang. Selain itu, Anda juga dapat menyewa cottage atau tempat istirahat dengan harga sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 300.000,- per malam tergantung dari fasilitas yang disediakan.

Kesimpulan

Air terjun Timbulun merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Lombok Tengah. Keindahan alamnya yang masih alami dan terjaga dengan baik membuat air terjun ini sangat menarik untuk dijadikan tempat wisata. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas menarik seperti berenang, memancing, dan bersepeda di sekitar air terjun.

Semoga bermanfaat.