Bacaan Takbir Ke-4 dalam Salat Jenazah

Bacaan Takbir Ke-4 dalam Salat Jenazah

Pengantar

Salat jenazah adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam untuk menghormati dan mengantar jenazah ke liang lahat. Ibadah ini terdiri atas empat rakaat dan dituntun dengan bacaan-bacaan yang khusus.Dalam salat jenazah, bacaan takbir ke-4 menjadi salah satu momen penting. Bacaan ini mengisyaratkan bahwa ibadah salat jenazah telah selesai dan jenazah siap untuk dimakamkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang bacaan takbir ke-4 tersebut.

Bacaan Takbir Ke-4

Bacaan takbir ke-4 adalah bacaan terakhir dalam salat jenazah yang dilakukan pada saat posisi berdiri setelah melakukan ruku’ dan sujud terakhir, acaan takbir ke-4 tersebut adalah sebagai berikut:”Allahu Akbar”Artinya, “Allah Maha Besar”. Dalam bacaan ini, umat Islam menyatakan kebesaran Allah dan mengakui bahwa segala urusan hanya bergantung pada-Nya.

Makna Bacaan Takbir Ke-4

Bacaan takbir ke-4 memiliki makna yang sangat dalam dan penting (klik disini). Berikut ini adalah beberapa makna dari bacaan takbir ke-4:

1. Mengakui Kebesaran Allah

Dengan membaca takbir ke-4, umat Islam mengakui kebesaran Allah dan mengakui bahwa segala urusan hanya bergantung pada-Nya. Umat Islam menyadari bahwa Allah-lah yang memiliki kuasa atas hidup dan kematian.

2. Mengucapkan Selamat Tinggal

Bacaan takbir ke-4 juga mengisyaratkan bahwa salat jenazah telah selesai dan jenazah siap untuk dimakamkan. Umat Islam mengucapkan selamat tinggal kepada jenazah dan berharap semoga jenazah diterima oleh Allah.

3. Mengingat Akhirat

Bacaan takbir ke-4 juga mengingatkan umat Islam akan akhirat. Umat Islam menyadari bahwa hidup ini sementara dan suatu saat akan berakhir. Oleh karena itu, umat Islam disarankan untuk mempersiapkan diri dengan meraih amal baik dan menjauhi perbuatan dosa.

BACA JUGA  Niat Zakat Fitrah Latin: Panduan Lengkap

Cara Melakukan Bacaan Takbir Ke-4

Berikut ini adalah cara melakukan bacaan takbir ke-4 dalam salat jenazah:

1. Setelah melakukan sujud terakhir, bangkitlah dan posisikan diri menjadi berdiri tegak.

2. Kemudian, angkatlah kedua tangan sejajar dengan bahu dan ucapkanlah takbir ke-4, yaitu “Allahu Akbar”.

3. Setelah itu, turunkanlah kedua tangan dan rapatkan tangan di depan dada.

4. Bacaan takbir ke-4 selesai dilakukan.

Kesimpulan

Bacaan takbir ke-4 dalam salat jenazah adalah bacaan terakhir yang mengisyaratkan bahwa salat jenazah telah selesai dan jenazah siap untuk dimakamkan. Bacaan ini memiliki makna yang sangat penting, yaitu mengakui kebesaran Allah, mengucapkan selamat tinggal, dan mengingatkan akan akhirat. Dalam melakukan bacaan takbir ke-4, umat Islam disarankan untuk melakukannya dengan khusyuk dan penuh kesadaran akan makna yang terkandung di dalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa untuk terus meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT.