Cara Menampilkan File Hidden di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menampilkan File Hidden di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menampilkan File Hidden di Android Tanpa Aplikasi – Pada perangkat Android, beberapa file mungkin disembunyikan secara default untuk alasan keamanan atau privasi. Namun, ada beberapa cara sederhana untuk menampilkan file yang tersembunyi tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Cara Menampilkan File Hidden di Android Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan File Manager Bawaan

Android menyediakan file manager bawaan yang dapat digunakan untuk menampilkan file hidden. Namun, untuk mengaktifkannya terlebih dahulu, buka file manager dan cari pengaturan. Setelah itu, aktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi”.

2. Menggunakan Kode Dial

Anda juga bisa menampilkan file hidden di Android dengan menggunakan kode dial. Caranya, buka aplikasi dialer dan ketik *#*#4636#*#*. Kemudian, pilih “Informasi Telepon” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “File Tersembunyi”. Aktifkan opsi tersebut untuk menampilkan file hidden.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer atau Solid Explorer. Aplikasi ini memiliki fitur untuk menampilkan file hidden secara langsung tanpa perlu mengaktifkan opsi tertentu.

4. Mengakses File Hidden Melalui Komputer

Jika Anda ingin lebih mudah mengakses file hidden di Android, Anda bisa menggunakan komputer. Koneksi USB diperlukan untuk menghubungkan Android dengan komputer. Setelah itu, buka folder Android di komputer dan aktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi”.

5. Menggunakan Terminal Emulator

Terminal Emulator adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses terminal di Android. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menampilkan file hidden dengan menggunakan perintah “ls -a”. Namun, aplikasi ini memerlukan akses root untuk bisa digunakan.

Kesimpulan

Menampilkan file hidden di Android tidaklah sulit dan bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Anda bisa mengaktifkan opsi tertentu di file manager bawaan, menggunakan kode dial, atau bahkan mengakses file melalui komputer. Namun, jika semua cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga atau Terminal Emulator dengan akses root.

BACA JUGA  Aplikasi Saham Android: Investasi Lebih Mudah dan Praktis

Semoga artikel tentang Cara Menampilkan File Hidden di Android Tanpa Aplikasi ini bermanfaat.