ada berbagai faktor dan solusi yang bisa diterapkan saat ini terjadi. Berikut cara mengatasi aplikasi terhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti dengan Berbagai Metode

Pada saat Anda tengah asik membuka aplikasi tertentu namun tiba-tiba terhenti tentu sangat tidak menyenangkan. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu. Namun, ada berbagai faktor dan solusi yang bisa diterapkan saat ini terjadi. Berikut cara mengatasi aplikasi terhenti.

Hapus Chace

Berhentinya aplikasi secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh faktor menumpuknya cache atau sampah. Sampah tersebut muncul dari aktivitas keseharian Anda dalam mengoperasikan aplikasi. Oleh karena itu, cara menyingkirkan penumpukan sampah tersebut adalah dengan menghapusnya.

Menghapus cache atau sampah aplikasi sangat mudah. Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan file atau berkas penting di ponsel.

Hal ini dikarenakan proses ini hanya akan menghapus sampah. Tindakan hapus cache ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi bawaan ponsel atau pun aplikasi tambahan.

Cara hapus cache menggunakan aplikasi bawaan dapat dilakukan melalui menu “Setting” di ponsel. Setelah itu, carilah menu “Kelola Aplikasi”, kemudian pilihlah aplikasi yang bermasalah dengan cara mengkliknya.

Berikutnya, pilih opsi “Hapus Cache” lalu klik “Bersihkan”. Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai. Jika sudah, maka Anda dapat langsung membuka kembali aplikasi yang bermasalah.

Update Aplikasi

Faktor lain yang mengakibatkan aplikasi dapat terhenti tiba-tiba adalah dikarenakan adanya “bugs” pada aplikasi karena sistemnya sudah tua. Oleh karena itu, Anda hanya perlu melakukan pembaruan sistem aplikasi hanya dengan melakukan “update”.

Cara mengupdate aplikasi yang bermasalah pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi Playstore atau Appstore. Setelah itu, carilah nama aplikasi yang tiba-tiba terhenti dan klik “Update”. Proses ini akan menggantikan aplikasi ke versi terbaru.

Uninstal dan Reinstal Aplikasi

Jika Anda sudah melakukan “Update” akan tetapi aplikasi masih saja error, cara mengatasi aplikasi terhenti berikutnya adalah dengan uninstall dan reinstall. Cara ini akan secara ampuh menghilangkan bugs aplikasi hingga ke akar-akarnya dan meregenerasi pembaruan sistem.

Sebelum melakukan uninstall dengan cara langsung meng klik “Copot Pemasangan” sebaiknya Anda terlebih dulu melakukan penghapusan cache. Cara yang dilakukan pun masih sama, yakni dengan membuka menu “Setting” kemudian pilih “Kelola Aplikasi”.

Carilah aplikasi yang akan di uninstall kemudian klik “Hapus Data” dan lanjutkan dengan tap opsi “Copot Pemasangan”. Aplikasi pun akan terhapus tanpa meninggalkan jejak sampah di HP Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung kunjungi Playstore untuk menginstal kembali aplikasi yang sama.

Restart Ponsel

Jika ketiga cara sebelumnya masih tak kunjung memperbaiki aplikasi, maka cobalah untuk melakukan “Restart” pada ponsel Anda. Restart ini dilakukan guna memulihkan performa ponsel agar pada saat menjalankan aplikasi kinerjanya optimal.

Mengingat permasalahan tidak hanya datang dari aspek aplikasinya saja, melainkan juga dapat dari segi performa ponsel yang tidak maksimal. Cara melakukan restart dapat dilakukan dengan menekan dan tahan tombol power dalam beberapa detik, lalu pilih opsi “Restart”.

Reset Ponsel

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi yang terhenti adalah dengan melakukan reset ponsel. Reset ponsel dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik. Dengan demikian, pasca melakukan tindakan ini, kondisi HP Anda akan tampak seperti baru.

Kondisi HP yang seperti baru ini maknanya seluruh data yang tersimpan di memori internal juga akan ikut terhapus. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan terlebih dulu bahwa data penting yang tersimpan dalam memori internal telah di back up.

Untuk caranya, langkah pertama, buka menu “Setting” dan pilih opsi “Setelan Tambahan”. Berikutnya klik “Cadangkan dan Setel Ulang”.

Pilih “Kembali ke Setelan Pabrik” dan masukan kode kunci pengaman HP Anda. Setelahnya,  cara mengatasi aplikasi terhenti dengan metode ini pun berhasil dilakukan.