Berikut ini merupakan cara menggunakan Canva di HP yang telah dirangkum khusus untuk Anda.

Cara Menggunakan Canva di HP, Mudah Diterapkan

Canva merupakan aplikasi desain yang cukup populer di berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan dapat dioperasikan melalui ponsel. Berikut ini merupakan cara menggunakan Canva di HP yang telah dirangkum khusus untuk Anda.

Daftar Akun Bagi Pengguna Baru

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Canva, lakukanlah pembuatan akun terlebih dulu menggunakan email atau nomor ponsel. Canva juga dapat diakses menggunakan akun media sosial seperti Facebook, dan lain sebagainya.

Langkah pertama dalam melakukan pendaftaran Canva di ponsel adalah dengan mengklik tulisan “Sign Up”. Berikutnya, Anda dapat langsung mendaftar melalui akun google, email, atau pun Facebook. Pilih salah satu opsi jalur, dan kemudian Anda akan diminta untuk mengisikan kata sandi.

Ingatlah selalu kata sandi tersebut, karena akan diperlukan jika Anda ingin membuka aplikasi Canva di perangkat lain. Setelah Anda berhasil masuk dan melihat halaman muka aplikasi, berikutnya Canva akan secara otomatis menunjukkan panduan penggunaan bagi pengguna baru.

Setelah mengikuti panduan penggunaan aplikasi, Anda dapat langsung memulai projek Anda. Anda dapat terlebih dulu melihat-lihat template yang telah disediakan oleh pihak Canva. Anda dapat mengerjakan proyek desain dengan menggunakan template yang sudah ada atau memulai dari nol.

Pengenalan Fungsi Menu Utama Canva di HP

Canva di HP setidaknya memiliki empat menu utama yang dapat Anda temui pada bar horizontal di bagian bawah aplikasi. Menu yang pertama adalah “beranda”. Beranda ini dilambangkan dengan ikon bergambar rumah. Pada menu ini terlihat berbagai pilihan template sesuai kategori desain.

Menu selanjutnya adalah “proyek” yang memiliki ikon bergambarkan file atau dokumen. Pada menu ini akan ditampilkan seluruh file desain yang sudah atau tengah dibuat. Menu ini memiliki lima sub-menu yaitu Semua, Folder, Desain, Gambar dan Video.

Menu berikutnya adalah “Canva Pro” yang memiliki ikon bergambar mahkota. Untuk menu ini akan menampilkan promo layanan langganan aplikasi Canva. Menu ini juga mengulas terkait keunggulan produk langganan.

Terakhir adalah “Menu” dengan ikon berupa tiga garis horizontal di pojok kanan bawah. Pada bagian menu terdapat opsi akun, pengaturan, pusat bantuan, buat tim, dan program berhadiah. Selain itu, menu ini juga memuat alat seperti merek, perencana konten, dan smartmockups.

Menggunakan Fitur Utama Canva

Cara menggunakan Canva di HP dapat dilakukan manual dengan mengklik ikon berbentuk (+) pada layar bagian kanan bawah. Selain itu, Anda juga dapat langsung memilih spesifikasi fitur Canva pada horizontal bar di bagian atas, tepatnya berada di bawah kolom pencarian.

Fitur utama adalah “Untuk Anda” yakni rekomendasi template yang akan berubah-ubah menyesuaikan moment tertentu. Misalnya jika Anda membuka aplikasi Canva pada bulan Agustus, maka “Untuk Anda” akan merekomendasikan berbagai template bertema kemerdekaan.

Fitur berikutnya adalah “Papan Tulis” yang cocok bagi Anda yang ingin membuat desain note reminder. Selanjutnya, ada fitur “Media Sosial” yang memberikan rekomendasi template desain sesuai ukuran konten. Fitur “Media Sosial” ini tersedia untuk Instagram dan Facebook.

Lalu, ada fitur “Presentasi” yang khusus merekomendasikan template yang berisi lebih dari satu slide dan dapat dikonversi ke format pptx. Anda juga dapat membuat template desain untuk video dengan fitur “Video”.

Canva juga menyediakan fitur “Cetakan” dan “Situs Web”. Terdapat juga satu fitur “Lainnya” untuk jenis template yang tidak dikategorikan seperti Infografis, Kolase Foto, Desktop, dan lainnya.

Keunggulan menggunakan Canva di HP adalah proses desain dan editing jauh lebih praktis. Hal ini dikarenakan desain HP jauh lebih compact dibandingkan Laptop dan PC. Cara menggunakan Canva di HP pun sangat mudah untuk dipahami.