Curug Puncak Manik, Wisata Air Terjun yang Menawan di Bogor

Curug Puncak Manik, Wisata Air Terjun yang Menawan di Bogor

Rute Menuju Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik terletak di Desa Cipanas Kecamatan Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari Jakarta atau Bogor. Dari pusat kota Bogor, perjalanan menuju Curug Puncak Manik dapat ditempuh selama sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 40 kilometer. Anda bisa mengambil jalur menuju arah Puncak, kemudian belok kiri di pertigaan Gadog dan ikuti jalan menuju Cianjur. Setelah melewati jembatan Cisarua, Anda akan menemukan pertigaan Ciapus. Belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan pertigaan Cipanas. Belok kanan dan ikuti jalan hingga menemukan gapura masuk Curug Puncak Manik. Untuk mencapai air terjun, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer dari gapura masuk. Anda bisa memarkir kendaraan di area parkir dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Curug Puncak Manik adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun yang menawan dan suasana alam yang sejuk. Anda dapat menikmati keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kolam air jernih yang bisa dimanfaatkan untuk berenang atau bermain air. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa melakukan trekking di sekitar area wisata. Terdapat jalur trekking yang menghubungkan Curug Puncak Manik dengan Curug Cijalu, yang memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang asri dan pepohonan rindang di sepanjang perjalanan trekking. Untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di lokasi wisata, tersedia area camping yang bisa digunakan untuk berkemah. Anda bisa menikmati suasana malam yang tenang sambil menikmati suara gemericik air terjun yang menenangkan.

BACA JUGA  Karang Taraje: Wisata Bahari yang Menakjubkan

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jika Anda ingin berkemah di area camping, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 25.000 per tenda. Biaya tersebut sudah termasuk akses ke area camping dan akses ke fasilitas toilet.

Kesimpulan

Curug Puncak Manik adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun yang menawan dan suasana alam yang sejuk. Lokasi wisata ini dapat dijangkau dengan mudah dari Bogor atau Jakarta. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa melakukan trekking di sekitar area wisata dan berkemah di area camping. Biaya tiket masuk dan parkir kendaraan yang terjangkau membuat air terjun ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Semoga informasi tentang air terjun ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi destinasi wisata di Bogor. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung ke lokasi wisata.