Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Hewan Vertebrata dan Avertebrata: Pengertian dan Perbedaan

Pengertian Hewan Vertebrata

Hewan Vertebrata dan Avertebrata – Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau vertebrae. Tulang belakang ini berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang yang merupakan pusat dari sistem saraf hewan vertebrata. Selain itu, tulang belakang juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot dan memberikan dukungan struktural untuk tubuh. Hewan vertebrata dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari air hingga darat.

Contoh Hewan Vertebrata

Beberapa contoh hewan vertebrata adalah ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Ikan memiliki tulang belakang yang terdiri dari rangkaian tulang kecil yang disebut vertebrae. Amfibi seperti katak dan salamander memiliki tulang belakang yang lebih sederhana. Reptil seperti kadal, ular, dan kura-kura memiliki tulang belakang yang lebih kuat. Burung memiliki tulang belakang yang terdiri dari beberapa rangkaian vertebrae yang disatukan, sedangkan mamalia seperti manusia, kucing, dan anjing memiliki tulang belakang yang kompleks.

Pengertian Hewan Avertebrata

Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau vertebrae. Hewan ini memiliki kerangka yang terbuat dari bahan-bahan lain seperti kulit atau eksoskeleton (lapisan luar yang keras). Avertebrata dapat ditemukan di berbagai habitat seperti air, tanah, dan udara.

Contoh Hewan Avertebrata

Beberapa contoh hewan avertebrata adalah serangga, arachnida, moluska, echinodermata, dan cnidaria. Serangga seperti lalat, kupu-kupu, dan kecoa memiliki eksoskeleton yang terbuat dari kitin. Arachnida seperti laba-laba dan kalajengking juga memiliki eksoskeleton yang keras. Moluska seperti siput dan kerang memiliki kerangka dalam yang disebut cangkang. Echinodermata seperti bintang laut dan teripang memiliki kerangka luar yang berbentuk seperti duri-duri dan cnidaria seperti ubur-ubur dan anemon laut memiliki tubuh yang lunak tanpa kerangka.

BACA JUGA  Satuan dari Momentum Adalah...

Perbedaan antara Hewan Vertebrata dan Avertebrata

Perbedaan utama antara dua jenis hewan ini adalah keberadaan tulang belakang atau vertebrae. Hewan vertebrata memiliki vertebrae yang melindungi sumsum tulang belakang dan memberikan dukungan struktural untuk tubuh, sedangkan hewan avertebrata memiliki kerangka lain seperti eksoskeleton atau cangkang. Selain itu, hewan vertebrata juga memiliki sistem saraf yang lebih kompleks dan berkembang dengan baik, sedangkan hewan avertebrata memiliki sistem saraf yang lebih sederhana.

Kesimpulan

Dua jenis hewan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam hal keberadaan tulang belakang atau vertebrae. Hewan vertebrata memiliki tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang dan memberikan dukungan struktural untuk tubuh, sedangkan hewan avertebrata memiliki kerangka yang terbuat dari bahan-bahan lain seperti eksoskeleton atau cangkang. Namun, baik hewan vertebrata maupun avertebrata memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Semoga bermanfaat.