Jadwal Puasa Nisfu Sya'ban 2021

Jadwal Puasa Nisfu Sya’ban 2021: Doa dan Amalan di Malam Nisfu Sya’ban

Apa itu Nisfu Sya’ban?

Jadwal Puasa Nisfu Sya’ban 2021 – Nisfu Sya’ban adalah malam ke-15 di bulan Sya’ban dalam kalender Islam. Malam tersebut dianggap sebagai malam yang istimewa karena di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keberkahan. Malam Nisfu Sya’ban juga sering dianggap sebagai awal dari persiapan menyambut bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Sejarah Puasa Nisfu Sya’ban

Puasa Nisfu Sya’ban tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, namun beliau sendiri sering melakukan ibadah pada malam Nisfu Sya’ban. Pada malam tersebut, Rasulullah SAW sering membaca doa, dzikir, shalat malam, dan berpuasa. Hal ini kemudian menjadi contoh dan inspirasi bagi umat Islam untuk melakukan ibadah pada malam Nisfu Sya’ban.

Jadwal Puasa Nisfu Sya’ban 2021

Puasa Nisfu Sya’ban jatuh pada tanggal 28-29 Maret 2021. Untuk wilayah Indonesia, pelaksanaan puasa Nisfu Sya’ban dilakukan pada tanggal 14-15 Sya’ban.

Amalan di Malam Nisfu Sya’ban

Beberapa amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban antara lain:

1. Shalat Malam

Rasulullah SAW sering melakukan shalat malam pada malam Nisfu Sya’ban. Shalat malam pada malam Nisfu Sya’ban bisa dilakukan dengan membaca surah Yasin, Al-Mulk, dan Al-Waqi’ah.

2. Bersedekah

Malam Nisfu Sya’ban juga menjadi waktu yang tepat untuk beramal dan bersedekah. Bersedekah pada malam Nisfu Sya’ban akan membawa banyak keberkahan dan pahala.

3. Bacaan Doa Nisfu Sya’ban

Beberapa doa yang bisa dibaca pada malam Nisfu Sya’ban antara lain:- Doa Nisfu Sya’ban- Doa Qunut Nazilah- Doa Kanzul Arsy

4. Memperbanyak Dzikir

Malam Nisfu Sya’ban juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak dzikir. Beberapa dzikir yang bisa dilakukan antara lain:- Istighfar- La ilaha illallah- Subhanallah wa bihamdihi

BACA JUGA  Kapan Puasa Idul Adha?

Kesimpulan

Malam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang istimewa bagi umat Islam. Pada malam tersebut, banyak keberkahan dan keistimewaan yang bisa didapatkan dengan melakukan amalan dan ibadah. Puasa Nisfu Sya’ban juga menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan pada malam tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Semoga bermanfaat.