Niat Puasa Sunnah Rajab

Niat Puasa Sunnah Rajab & Doa Buka Puasa Sunnah Rajab

Apa itu Puasa Sunnah Rajab?

Niat Puasa Sunnah Rajab – Puasa Sunnah Rajab adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Rajab. Bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan suci dalam agama Islam. Puasa Sunnah Rajab sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam.

Niat Puasa Sunnah Rajab

Niat puasa Sunnah ini sama dengan niat puasa sunnah lainnya. Berikut adalah niat puasa sunnah Rajab: “Aku niat puasa sunnah Rajab pada hari ini karena Allah Ta’ala.” Puasa ini bisa dilakukan sepanjang bulan Rajab. Namun, ada beberapa hari tertentu yang lebih dianjurkan untuk dilakukan puasa sunnah Rajab, yaitu pada hari ke-1, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, 19, 21, 23, 25, 27, dan 29 bulan Rajab.

Manfaat Puasa Sunnah Rajab

Puasa Sunnah Rajab memiliki banyak manfaat bagi umat Islam. Berikut adalah beberapa manfaat puasa sunnah Rajab:

1. Mendekatkan diri pada Allah Ta’ala.

2. Membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

3. Menambah pahala dan kebaikan.

4. Menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan ketahanan tubuh.

5. Menjaga konsistensi dalam menjalankan ibadah.

Doa Buka Puasa Sunnah Rajab

Setelah berbuka puasa, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa buka puasa sunnah Rajab. Berikut adalah doa buka puasa sunnah Rajab:“Allahumma inni laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu. Fathakabbal minni innaka antas sami’ul ‘alim.”Artinya: “Ya Allah, aku berpuasa untuk-Mu dan aku membuka puasa dengan rizki-Mu. Terimalah dari kami, karena Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Kesimpulan

Puasa Sunnah Rajab adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Puasa Sunnah Rajab membawa banyak manfaat bagi orang yang melakukannya, seperti mendekatkan diri pada Allah Ta’ala, membersihkan diri dari dosa-dosa, menambah pahala, dan menjaga kesehatan tubuh. Setelah berbuka puasa, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa buka puasa sunnah Rajab. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah puasa sunnah Rajab dengan baik dan mendapat manfaat yang besar.

BACA JUGA  Shalat Nisfu Syaban Berapa Rakaat?

Semoga bermanfaat.