Niat Puasa Tarwiyah 2021

Niat Puasa Tarwiyah 2021 – Menjalin Kekuatan Jiwa dan Raga

Pengantar

Puasa adalah salah satu ibadah yang sangat dihormati dalam agama Islam. Hal ini karena puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga membantu manusia untuk memperkuat iman dan taqwa. Salah satu jenis puasa yang dilakukan oleh umat muslim adalah puasa Tarwiyah. Puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, tepat sehari sebelum hari raya Idul Adha. Puasa ini disebut Tarwiyah karena pada hari ini umat muslim biasanya mempersiapkan segala sesuatu untuk beribadah di hari raya Idul Adha. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang niat puasa Tarwiyah 2021.

Makna Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah memiliki makna yang sangat penting bagi umat muslim. Pada dasarnya, puasa ini adalah bentuk persiapan diri untuk menjadi lebih baik. Dalam kegiatan sehari-hari, manusia seringkali terjebak dalam rutinitas yang monoton. Oleh karena itu, puasa Tarwiyah menjadi salah satu cara untuk mengubah pola pikir dan melatih diri agar lebih fokus pada hal-hal yang positif.

Niat Puasa Tarwiyah 2021

Berikut ini adalah niat puasa Tarwiyah 2021 yang dapat kita amalkan:أُصِيْبَ بِهَا عَنْ اَهْلِىْ وَمَالِىْ، اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا لِوَجْهِكَ الْكَرِيْمِ، وَسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَArtinya: “Aku berniat puasa Tarwiyah karena Allah, dan aku berniat puasa ini untuk memperbanyak ibadah dan mendapatkan keberkahan dari Allah, semata-mata karena Allah dan tidak ada yang lain, untuk menyelisihi semua godaan syaitan, dan untuk bersama-sama dengan orang-orang yang berpuasa pada hari ini. Ya Allah, terimalah amal kebaikanku ini, dan jadikanlah ia sebagai amal yang bermanfaat bagi diriku, keluargaku dan seluruh umat manusia. Amin.”

Doa saat Berbuka Puasa Tarwiyah

Berikut ini adalah doa yang dapat kita baca saat berbuka puasa Tarwiyah:اللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا، وَبِكَ آمَنَّا، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْنَاArtinya: “Ya Allah, karena Engkau kami berpuasa dan dengan rizki-Mu kami berbuka. Kami bertawakal hanya kepada-Mu dan beriman kepada-Mu. Kami pun hanya bertawakal kepada-Mu.”

BACA JUGA  Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri Latin

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah memiliki banyak keutamaan yang dapat kita peroleh. Berikut ini adalah beberapa keutamaan puasa Tarwiyah:

1. Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa

Puasa Tarwiyah dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, puasa ini juga dapat membantu membersihkan jiwa dari dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

2. Mendapatkan pahala dari Allah

Puasa Tarwiyah memiliki pahala yang besar di sisi Allah. Dengan berpuasa pada hari tersebut, kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah dan pahala yang besar.

3. Menjalin kekuatan jiwa dan raga

Puasa Tarwiyah juga dapat menjalin kekuatan jiwa dan raga. Dengan berpuasa, kita dapat menumbuhkan rasa disiplin dalam diri, sehingga kita dapat memperkuat fisik dan mental.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang niat puasa Tarwiyah 2021. Puasa Tarwiyah memiliki makna yang sangat penting bagi umat muslim. Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang taat, kita harus berusaha untuk melaksanakan puasa Tarwiyah dengan sebaik-baiknya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjadi motivasi untuk melaksanakan puasa Tarwiyah dengan penuh keikhlasan. Amin.

Semoga bermanfaat.