Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Sistem 5 Kingdom

Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Sistem 5 Kingdom

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara untuk mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan sifat-sifatnya. Sistem klasifikasi ini mempermudah kita untuk mempelajari dan mengenali berbagai macam jenis makhluk hidup yang ada di bumi. Ada banyak sistem klasifikasi makhluk hidup yang telah dikembangkan, dan salah satu di antaranya adalah sistem 5 kingdom.

Sistem 5 Kingdom

Sistem 5 kingdom adalah sistem klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan oleh Robert Whittaker pada tahun 1969. Mengelompokkan makhluk hidup menjadi lima kingdom yaitu kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Kingdom Monera

Kingdom Monera merupakan kingdom yang terdiri dari makhluk hidup yang bersifat prokariotik. Makhluk hidup dalam kingdom Monera tidak memiliki membran inti (nukleus) pada selnya. Contoh makhluk hidup dalam kingdom Monera adalah bakteri dan ganggang biru-hijau.

Kingdom Protista

Kingdom Protista merupakan kingdom yang terdiri dari makhluk hidup yang bersifat eukariotik. Makhluk hidup dalam kingdom Protista umumnya hidup di air dan bergerak dengan bantuan silia atau flagela. Contoh makhluk hidup dalam kingdom Protista adalah amoeba, paramecium, dan algae.

Kingdom Fungi

Kingdom Fungi merupakan kingdom yang terdiri dari makhluk hidup yang bersifat eukariotik dan tidak dapat melakukan fotosintesis. Makhluk hidup dalam kingdom Fungi umumnya bersifat saprofit dan hidup dengan cara mengurai bahan organik. Contoh makhluk hidup dalam kingdom Fungi adalah jamur, kapang, dan ragi.

Kingdom Plantae

Kingdom Plantae merupakan kingdom yang terdiri dari makhluk hidup yang bersifat eukariotik dan mampu melakukan fotosintesis. Makhluk hidup dalam kingdom Plantae umumnya memiliki klorofil dan berkembang biak dengan cara menyebarkan biji atau spora. Contoh makhluk hidup dalam kingdom Plantae adalah tumbuhan berbiji, tumbuhan berbunga, dan tumbuhan paku.

BACA JUGA  Organisasi Nasional Cabang Senam: Membangun Olahraga Indonesia

Kingdom Animalia

Kingdom Animalia merupakan kingdom yang terdiri dari makhluk hidup yang bersifat eukariotik dan tidak bisa melakukan fotosintesis. Makhluk hidup dalam kingdom Animalia umumnya bergerak aktif dan berkembang biak dengan cara reproduksi seksual. Contoh makhluk hidup dalam kingdom Animalia adalah mamalia, burung, ikan, serangga, dan moluska.

Kesimpulan

Sistem klasifikasi 5 kingdom merupakan salah satu cara untuk memudahkan kita dalam mengenali berbagai macam jenis makhluk hidup yang ada di bumi. Lima kingdom yang terdiri dari Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia memiliki ciri-ciri dan sifat-sifat yang berbeda-beda. Dengan mempelajari sistem klasifikasi 5 kingdom, kita dapat memahami lebih dalam tentang keberagaman yang ada di bumi.

Semoga artikel ini bermanfaat.