Notifikasi WA Tidak Muncul, Inilah Penyebabnya

Notifikasi WA Tidak Muncul, Inilah Penyebabnya!

Notifikasi merupakan salah satu fitur ponsel yang sangat kita butuhkan, di mana fitur ini memiliki fungsi sebagai pemberitahuan. Apalagi jika notifikasi tersebut sangat penting bagi kita. Namun, tidak jarang orang mengeluhkan problem pada notifikasi. Salah satunya notifikasi wa tidak muncul di atas bar ponsel pada umumnya. Hal ini tentu menjadi masalah penting jika kita sangat membutuhkan pemberitahuan adanya pesan whatsApp masuk.

Seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp merupakan media sosial atau aplikasi komunikasi yang banyak digunakan. Bahkan keseharian kita hampir tidak lepas dari pesan WA. Sehingga pesan WhatsApp pun menjadi hal utama dalam memiliki smartphone.

Manfaat Notifikasi Bagi Kita

Pasalnya, nada notifikasi wa akan muncul di latar belakang ponsel. Notifikasi tersebut tidak muncul di latar belakang adalah hal yang sering terjadi. Salah satu faktornya, mungkin ada kesalahan pada pengaturan WA. Atau bisa saja aplikasi yang sedang kita buka mengalami bug sehingga membuat beberapa notifikasi hilang atau tidak muncul. Padahal kita sangat memerlukan notifikasi tersebut.

Ketika notifikasi WhatsApp tidak muncul, maka panggilan wa pun juga tidak akan masuk. Tentu hal ini mengganggu sekali dalam menjalankan aktivitas kita. Di mana WhatsApp sudah menjadi media komunikasi kita sehari-hari.

Bahkan ada beberapa pengguna WA yang coba membuka aplikasi WhatsApp dahulu untuk mengetahui notifikasinya. Sehingga muncullah notifikasi tersebut. Namun hal ini sangat tidak efisien sebagai ponsel pintar bukan.

Pada dasarnya, notifikasi adalah salah satu fitur ponsel yang fungsinya untuk memudahkan pengguna ketika ada sesuatu yang masuk ke dalam ponsel kita. Dengan adanya notifikasi maka kita bisa mengetahui terdapat sesuatu yang masuk ke dalam ponsel kita. Baik itu pemberitahuan penting maupun tidak. Bahkan notifikasi pun seharusnya bisa kita gunakan meskipun ponsel dalam keadaan mati atau lock screen, tanpa membuka aplikasi tersebut, dengan catatan kita tidak menggunakan setting mode ganggu.

Penyebab Notifikasi WA Tidak Muncul

Salah satu alasan klasik yang sering terjadi penyebab suara notifikasi wa tidak muncul di latar belakang ponsel adalah jaringan koneksi internet yang terganggu atau sedang mati. Bisa dikatakan bahwa alasan ini menjadi faktor utama penyebab notifikasi tersebut tidak muncul. Karena jaringan internet yang terganggu, maka saat kita berkirim atau menerima pesan pun juga akan terganggu.

Selain jaringan internet yang terganggu, faktor lain yang membuat notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah software pada ponsel kita sedang mengalami error. Bisa jadi, software pada smartphone sudah usang alias masih menggunakan versi lama. Sehingga perlu adanya pembaharuan pada perangkat lunak ponsel. Dengan memperbaharui software pada ponsel, maka juga dapat meningkatkan kinerja beberapa fitur ponsel.

Faktor lain yang menyebabkan notifikasi tidak muncul adalah pengaturan konfigurasi pada aplikasi WhatsApp kita. Bisa jadi, kita salah tekan atau salah settingan notifikasi pada aplikasi WhatsApp.

Atau mungkin saja kita mematikan fitur notifikasi pada aplikasi tersebut, sehina ponsel tidak dapat menampilkan notifikasi aplikasi tersebut baik pesan chat maupun panggilan.

Penutup

Masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan notifikasi tidak muncul. Hal ini dimungkinkan terjadi karena internal maupun eksternal.

Dengan adanya beberapa faktor penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul tersebut, maka sudah dipastikan kita bisa mengatasinya sendiri. Namun ada beberapa cara lain ketika notifikasi wa tidak muncul yang akan dibahas di artikel selanjutnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yang akan membahas lebih lanjut tentang notifikasi.