Puasa Jatuh Pada Tanggal Berapa Ini Jawabannya!

Puasa Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ini Jawabannya!

Pengertian Puasa

Puasa Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ini Jawabannya! – Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Puasa dilakukan selama sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Selama melakukan puasa, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan melakukan aktivitas lainnya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Tanggal Puasa

Tanggal puasa pada bulan Ramadhan tidaklah selalu sama setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan sistem penanggalan Islam yang menggunakan kalender Hijriyah dan kalender Masehi yang digunakan secara internasional. Tanggal puasa ditentukan berdasarkan penanggalan Hijriyah.

Tanggal Puasa Tahun Ini

Untuk mengetahui tanggal puasa tahun ini, kita perlu mengacu pada kalender Hijriyah. Berdasarkan kalender tersebut, Ramadhan pada tahun 2021 jatuh pada tanggal 13 April 2021. Oleh karena itu, puasa pada tahun ini dimulai pada tanggal 13 April 2021 dan berakhir pada tanggal 12 Mei 2021.

Keutamaan Puasa

Puasa memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Selain sebagai ibadah yang wajib dilakukan, puasa juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Dalam Islam, puasa dianggap sebagai sarana untuk membersihkan jiwa dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain itu, puasa juga menjadi momen untuk menunjukkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama manusia yang kurang beruntung.

Persiapan Puasa

Sebelum memulai puasa, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah melakukan sahur pada waktu yang tepat. Sahur merupakan makanan atau minuman yang dikonsumsi menjelang terbit fajar. Selain itu, persiapan juga meliputi mental dan fisik. Kita perlu mempersiapkan mental untuk menahan nafsu makan dan minum selama berpuasa, serta mempersiapkan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang cukup dan bergizi saat sahur.

BACA JUGA  Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Berpuasa

Selama berpuasa, kita perlu menghindari beberapa hal seperti makan dan minum, merokok, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, dan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan tubuh selama berpuasa.

Hal-hal yang Dianjurkan Saat Berpuasa

Selain menghindari hal-hal yang tidak dianjurkan, ada beberapa hal yang dianjurkan saat berpuasa (klik disini). Salah satunya adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa dan ibadah lainnya, serta memperbanyak amal kebaikan.

Terawih dan I’tikaf

Selain melakukan puasa, umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan terawih dan i’tikaf. Terawih merupakan ibadah shalat sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Sedangkan i’tikaf adalah ibadah yang dilakukan dengan cara berdiam diri di masjid selama beberapa hari pada bulan Ramadhan.

Kesimpulan

Puasa pada bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Tanggal puasa pada bulan Ramadhan ditentukan berdasarkan kalender Hijriyah, yang berbeda dengan kalender Masehi. Tanggal puasa tahun ini jatuh pada tanggal 13 April 2021 dan berakhir pada tanggal 12 Mei 2021. Selama berpuasa, ada beberapa hal yang harus dihindari dan beberapa hal yang dianjurkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Semoga bermanfaat.