Reksadana Terbaik 2020 Pilihan Investasi yang Menguntungkan

Reksadana Terbaik 2020: Pilihan Investasi yang Menguntungkan

Apakah Reksadana?

Reksadana Terbaik 2020 – Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat populer di Indonesia dan merupakan wadah investasi yang terdiri dari dana yang dikumpulkan dari para investor untuk diinvestasikan pada instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan pasar uang. Dikelola oleh manajer investasi yang bertugas untuk mengelola dana yang sudah dikumpulkan dari para investor dengan tujuan untuk mencapai keuntungan yang optimal.

Reksadana Terbaik 2020

Tahun 2020 ini menjadi tahun yang cukup berat bagi dunia investasi karena adanya pandemi Covid-19 yang membuat pasar keuangan mengalami fluktuasi yang cukup tinggi. Namun, meskipun demikian, ada beberapa reksadana yang berhasil memberikan return yang cukup menguntungkan bagi para investor. Berikut ini adalah daftar reksadana terbaik tahun ini:

1. Reksadana Saham

Salah satu reksadana saham terbaik adalah BNP Paribas Pesona Indonesia Fund. Mencatatkan return sebesar 20% pada tahun 2020 dan berhasil mengalahkan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang hanya mencapai 4,6%. Selain itu, BNP Paribas Pesona Indonesia Fund juga berhasil meraih penghargaan sebagai reksadana saham terbaik pada ajang Investor Awards 2020.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap menjadi pilihan investasi yang cukup menarik bagi para investor yang ingin mendapatkan keuntungan yang stabil dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Meskipun return yang diberikan tidak sebesar reksadana saham, namun reksadana pendapatan tetap memiliki risiko yang lebih rendah.

Salah satu reksadana pendapatan tetap terbaik adalah Schroder Strategic Bond Fund. Berhasil memberikan return sebesar 9,9% pada tahun 2020 dan berhasil mengalahkan indeks LQ-45 yang hanya mencapai 3,6%. Selain itu, Schroder Strategic Bond Fund juga berhasil meraih penghargaan sebagai reksadana pendapatan tetap terbaik pada ajang Investor Awards 2020.

BACA JUGA  Kesalahan Trader Pemula dan Tips Mengatasinya

3. Reksadana Campuran

Reksadana campuran menjadi pilihan investasi yang cukup menarik bagi para investor yang ingin mendapatkan keuntungan yang stabil dalam jangka pendek maupun jangka panjang dan merupakan kombinasi dari reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap.

Salah satu reksadana campuran terbaik adalah Manulife Dana Ekuitas. Berhasil memberikan return sebesar 10,4% pada tahun 2020 dan berhasil mengalahkan indeks LQ-45 yang hanya mencapai 3,6%. Selain itu, Manulife Dana Ekuitas juga berhasil meraih penghargaan sebagai reksadana campuran terbaik pada ajang Investor Awards 2020.

Kesimpulan

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menarik bagi para investor karena memberikan keuntungan yang cukup menguntungkan dalam jangka panjang. Meskipun fluktuasi pasar yang cukup tinggi pada tahun 2020, namun ada beberapa reksadana yang berhasil memberikan return yang cukup menguntungkan bagi para investor. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada instrumen ini, pastikan anda sudah memahami resiko dari setiap jenis yang ada.

Semoga bermanfaat.