Tujuan Utama Pengklasifikasian Makhluk Hidup Adalah

Tujuan Utama Pengklasifikasian Makhluk Hidup Adalah

Pengertian

Pengklasifikasian makhluk hidup adalah proses pengelompokan makhluk hidup ke dalam kelompok yang memiliki kesamaan ciri-ciri tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan dalam mempelajari dan memahami keragaman makhluk hidup.

Mengenal Carl Linnaeus, Bapak Taksonomi Modern

Carl Linnaeus adalah seorang ahli botani asal Swedia yang dikenal sebagai bapak taksonomi modern. Ia menciptakan sistem pengklasifikasian yang masih digunakan hingga saat ini (klik disini). Sistem ini terdiri dari kingdom, phylum, class, order, family, genus, dan species.

Tujuan Utama

1. Memudahkan Pengelompokan Makhluk Hidup

Dengan adanya pengklasifikasian ini, maka semua makhluk hidup dapat dikelompokkan dengan mudah berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.

2. Mempermudah dalam Mempelajari Makhluk Hidup

Pengklasifikasian mempermudah dalam mempelajari makhluk hidup karena kita dapat membandingkan ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup dalam satu kelompok.

3. Memudahkan dalam Identifikasi Makhluk Hidup

Dengan adanya pengklasifikasian, maka identifikasi makhluk hidup yang belum dikenal dapat dilakukan dengan mudah. Ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup tersebut dapat dibandingkan dengan makhluk hidup di dalam kelompok yang sama.

4. Memudahkan dalam Penelitian dan Penemuan Baru

Dengan adanya pengklasifikasian, maka penelitian dan penemuan baru dapat dilakukan dengan mudah. Peneliti dapat meneliti ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup dalam satu kelompok untuk menemukan makhluk hidup baru atau menciptakan jenis baru.

Jenis-jenis Pengklasifikasian Makhluk Hidup

1. Berdasarkan Kingdom

Pengklasifikasian berdasarkan kingdom terdiri dari 5 kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

2. Berdasarkan Phylum

Pengklasifikasian  berdasarkan phylum adalah pembagian berdasarkan ciri-ciri tertentu. Contoh phylum adalah Arthropoda.

3. Berdasarkan Class

Pengklasifikasian berdasarkan class adalah pengelompokan dalam suatu kelompok yang memiliki kesamaan peranan dalam ekosistem. Contoh class adalah Mamalia.

BACA JUGA  Ada Apa dengan Tanggal 14 Januari 2022?

4. Berdasarkan Order

Pengklasifikasian  berdasarkan order adalah pengelompokan dalam suatu kelompok yang memiliki kesamaan dalam bentuk tubuh dan organ tubuh. Contoh order adalah Primata.

5. Berdasarkan Family

Pengklasifikasian berdasarkan family adalah pengelompokan dalam suatu kelompok yang memiliki kesamaan dalam bentuk fisik, perilaku, dan genetik. Contoh family adalah Hominidae.

6. Berdasarkan Genus

Pengklasifikasian berdasarkan genus adalah pengelompokan dalam suatu kelompok yang memiliki kesamaan dalam bentuk fisik, perilaku, dan genetik. Contoh genus adalah Homo.

7. Berdasarkan Species

Pengklasifikasian berdasarkan species adalah pengelompokan dalam suatu kelompok yang memiliki kesamaan dalam bentuk fisik, perilaku, dan genetik. Contoh species adalah Homo sapiens.

Kesimpulan

Pengklasifikasian makhluk hidup memiliki tujuan utama untuk memudahkan dalam mempelajari dan memahami keragaman makhluk hidup. Ada beberapa jenis pengklasifikasian yang umum digunakan, yaitu berdasarkan kingdom, phylum, class, order, family, genus, dan species.

Semoga bermanfaat.