Urutan Rukun Salat yang Benar Panduan Lengkap

Urutan Rukun Salat yang Benar: Panduan Lengkap

Mengenal Rukun Salat

Sebagai salah satu ibadah penting dalam agama Islam, salat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh. Dalam menjalankan salat, ada beberapa rukun yang harus dipenuhi agar salat sah dan diterima oleh Allah SWT. Rukun salat sendiri terdiri dari beberapa bagian, yakni rukun wajib dan rukun sunnah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang urutan rukun salat yang benar agar salat dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

Rukun Wajib Salat

1. Niat

Sebelum melakukan salat, seorang muslim harus memiliki niat dan mengucapkannya dalam hati. Niat ini haruslah tulus dan dilakukan semata-mata karena Allah SWT.

2. Takbiratul Ihram

Setelah niat, langkah selanjutnya adalah melakukan takbiratul ihram, yaitu mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan telinga dan mengucapkan takbir. Dalam takbiratul ihram, seorang muslim memasuki posisi salat dan menandakan dimulainya salat.

3. Berdiri

Setelah takbiratul ihram, seorang muslim kemudian berdiri dengan tegak dan menatap ke depan. Posisi ini disebut dengan posisi qiyam.

4. Membaca Al-Fatihah

Setelah berdiri, selanjutnya seorang muslim membaca surat Al-Fatihah. Surat ini merupakan surat yang wajib dibaca dalam setiap rakaat salat.

5. Rukuk

Setelah membaca Al-Fatihah, seorang muslim kemudian melakukan rukuk. Posisi ini dilakukan dengan membungkukkan badan dan meletakkan kedua tangan pada lutut. Pada posisi rukuk, muslim membaca dzikir tertentu.

6. I’tidal

Setelah selesai rukuk, muslim kemudian kembali ke posisi berdiri. Posisi ini disebut dengan i’tidal.

7. Sujud

Setelah i’tidal, seorang muslim kemudian melakukan sujud. Pada posisi sujud, muslim meletakkan dahi, telapak tangan, lutut, dan ujung kaki pada lantai. Pada posisi sujud, muslim membaca dzikir tertentu.

8. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud, muslim kemudian duduk di antara dua sujud. Posisi ini disebut dengan duduk di antara dua sujud. Pada posisi ini, muslim membaca dzikir tertentu.

BACA JUGA  Anime Jujutsu Kaisen 0 Indonesia: Semua yang Perlu Kamu Tahu

9. Tasyahud Awal

Setelah duduk di antara dua sujud, muslim kemudian melakukan tasyahud awal. Pada posisi ini, muslim membaca dzikir tertentu dan mengangkat jari telunjuk kanan.

10. Salam

Setelah selesai tasyahud awal, muslim kemudian melakukan salam dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah”. Posisi ini menandakan berakhirnya salat.

Rukun Sunnah Salat

Selain rukun wajib salat, ada juga rukun sunnah salat yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim agar salatnya lebih sempurna (klik disini). Rukun sunnah salat di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membaca Surat Setelah Al-Fatihah

Setelah membaca surat Al-Fatihah, seorang muslim sebaiknya juga membaca surat lain yang pendek atau panjang.

2. Membaca Doa Qunut

Pada salat subuh atau salat dhuha, seorang muslim dapat membaca doa qunut setelah rukuk pada rakaat terakhir.

3. Mengangkat Tangan Saat Takbir

Saat melakukan takbir, seorang muslim dapat mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan telinga.

4. Membaca Doa Setelah Tasyahud Akhir

Setelah selesai melakukan tasyahud akhir, seorang muslim dapat membaca doa tertentu yang disebut dengan doa setelah tasyahud akhir.

Kesimpulan

Dalam menjalankan salat, seorang muslim harus memenuhi rukun salat yang terdiri dari rukun wajib dan rukun sunnah. Rukun salat ini harus dilakukan dengan benar dan sempurna agar salat sah dan diterima oleh Allah SWT. Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai urutan rukun salat yang benar dan rukun sunnah salat yang sebaiknya dilakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap muslim dalam menjalankan salatnya dengan benar.

Semoga bermanfaat.