Wisata di Surabaya

Wisata di Surabaya

 

Wisata di Surabaya – Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Selain sebagai pusat bisnis dan perdagangan, Surabaya juga memiliki banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi. Baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, Surabaya menawarkan berbagai pilihan objek wisata yang beragam, mulai dari tempat bersejarah, hiburan, hingga kuliner lezat.

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan simbol keberanian dan perjuangan rakyat Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Terletak di Jalan Pahlawan, tugu ini dibangun untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran 10 November 1945. Setiap tanggal 10 November, Tugu Pahlawan menjadi tempat peringatan Hari Pahlawan yang dihadiri oleh ribuan orang. Di sekitar Tugu Pahlawan juga terdapat Museum 10 November yang menyimpan berbagai koleksi sejarah.

2. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan salah satu destinasi wisata yang unik di Surabaya. Terletak di dalam kompleks Taman Bungkul, monumen ini didirikan sebagai penghormatan kepada KRI Pasopati-410, kapal selam pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Pengunjung dapat masuk ke dalam kapal selam dan melihat langsung bagaimana kehidupan di dalam kapal selam tersebut. Selain itu, di sekitar Monumen Kapal Selam juga terdapat taman yang nyaman untuk bersantai.

3. House of Sampoerna

Bagi pecinta sejarah dan rokok, House of Sampoerna adalah tempat yang wajib dikunjungi. Terletak di Jalan Taman Sampoerna, tempat ini merupakan bekas pabrik rokok yang kini dijadikan museum. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan rokok tradisional Jawa Timur dan menikmati suasana klasik yang terasa di dalamnya. Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat langsung proses membuat rokok kretek oleh para perajin. Selain itu, terdapat juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai produk rokok dan suvenir.

BACA JUGA  Karang Jahe Beach: Wisata Pantai yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu taman terbesar di Surabaya yang menjadi tempat favorit warga untuk bersantai. Terletak di kawasan kota tua Surabaya, taman ini memiliki berbagai fasilitas, seperti jogging track, area bermain anak, dan tempat duduk yang nyaman. Selain itu, di sekitar taman juga terdapat banyak kafe dan restoran yang menawarkan berbagai kuliner lezat. Taman Bungkul juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seni dan budaya.

5. Masjid Cheng Ho

Di Surabaya terdapat Masjid Cheng Ho, masjid yang dibangun sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan Tiongkok. Terletak di Jalan Gading, masjid ini didesain dengan arsitektur khas Tiongkok dan memiliki interior yang indah. Pengunjung dapat melihat berbagai ornamen dan patung yang menggambarkan kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Cheng Ho juga menjadi tempat untuk berbagai kegiatan keagamaan dan budaya Tionghoa.

6. Makanan Khas Surabaya

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya tanpa mencoba makanan khasnya. Surabaya terkenal dengan berbagai kuliner lezat yang bisa memanjakan lidah. Beberapa makanan khas Surabaya yang terkenal antara lain adalah nasi rawon, soto ayam, rujak cingur, lontong balap, tahu campur, dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat menemukan makanan khas Surabaya di berbagai warung dan restoran di sekitar kota.

7. Wisata Belanja

Bagi pecinta belanja, Surabaya juga memiliki berbagai pusat perbelanjaan yang menarik. Salah satunya adalah Tunjungan Plaza, sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya yang menawarkan berbagai merek internasional dan lokal. Selain itu, terdapat juga Grand City Mall yang memiliki bioskop dan tempat hiburan lainnya. Surabaya juga memiliki banyak pusat perbelanjaan tradisional, seperti Pasar Genteng dan Pasar Atom, di mana pengunjung dapat mencari berbagai produk lokal dan suvenir khas Surabaya.

BACA JUGA  Pantai Pik 1: Surga Tersembunyi di Jakarta

8. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran merupakan salah satu pantai terkenal di Surabaya. Terletak di Kenjeran, pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di dermaga yang membentang sepanjang pantai. Di sekitar Pantai Kenjeran juga terdapat berbagai tempat wisata lainnya, seperti Taman Hiburan Rakyat (THR) Kenjeran, Waterpark Kenjeran, dan Masjid Ampel Kenjeran.

9. Taman Safari Surabaya

Bagi penggemar hewan dan alam, Taman Safari Surabaya adalah destinasi wisata yang cocok. Terletak di daerah Prigen, Taman Safari Surabaya menawarkan pengalaman melihat berbagai satwa dari seluruh penjuru dunia. Pengunjung dapat melihat langsung satwa-satwa seperti singa, harimau, jerapah, zebra, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga wahana permainan dan pertunjukan hewan yang menarik.

10. Coban Rondo

Terletak di daerah Batu, Malang, Coban Rondo adalah salah satu air terjun yang indah di sekitar Surabaya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sekitar air terjun. Selain itu, di Coban Rondo juga terdapat fasilitas lain, seperti taman bermain anak dan area bersantai.