Menikmati Keindahan Wisata Mojokerto

Menikmati Keindahan Wisata Mojokerto

Mojokerto, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia, dikenal dengan sejumlah objek wisata menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tempat wisata terbaik di Mojokerto yang patut Anda kunjungi. Dari wisata alam hingga wisata sejarah, Mojokerto memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan di Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Mojokerto!

1. Gunung Penanggungan

Salah satu tempat wisata alam paling populer di Mojokerto adalah Gunung Penanggungan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.653 meter di atas permukaan laut dan terkenal karena keindahan panorama yang menakjubkan. Anda dapat mendaki Gunung Penanggungan dan menikmati pemandangan alam yang spektakuler dari puncaknya. Gunung ini juga memiliki sejumlah situs arkeologi dan candi yang menarik untuk dijelajahi.

2. Taman Wisata Wendit

Jika Anda mencari tempat wisata yang cocok untuk keluarga, Taman Wisata Wendit adalah pilihan yang tepat. Taman ini menawarkan berbagai fasilitas rekreasi, seperti kolam renang, wahana permainan air, area piknik, dan banyak lagi. Anda dapat menikmati waktu berkualitas bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Mojokerto yang lezat di area makanan yang tersedia.

3. Candi Brahu

Mojokerto juga memiliki sejumlah situs sejarah yang menarik, termasuk Candi Brahu. Candi ini adalah salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit. Anda dapat menjelajahi kompleks candi yang indah ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Brahu juga sering digunakan sebagai lokasi upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

4. Pantai Pacitan

Jika Anda mencari pengalaman liburan yang lebih santai, Pantai Pacitan adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang, berjemur, atau hanya duduk-duduk menikmati keindahan alam sekitar. Pantai Pacitan juga merupakan tempat yang populer untuk berselancar, jadi jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini, Anda dapat menyewa peralatan di sekitar pantai.

5. Air Terjun Tretes

Untuk pengalaman wisata alam yang tak terlupakan, kunjungi Air Terjun Tretes. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar air terjun, menikmati udara segar, dan mendengarkan suara gemericik air yang menenangkan. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen indah di Air Terjun Tretes.

6. Museum Mojokerto

Bagi pecinta sejarah, Museum Mojokerto adalah tempat yang wajib dikunjungi. Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak sejarah dan budaya Jawa Timur. Anda dapat melihat berbagai benda antik, seperti arca, prasasti, dan keramik, yang menceritakan sejarah panjang Mojokerto. Museum Mojokerto juga sering mengadakan pameran khusus dan acara budaya yang menarik.

7. Goa Gong

Jika Anda tertarik dengan eksplorasi gua, jangan lewatkan Goa Gong di Mojokerto. Goa ini terkenal dengan stalaktit dan stalagmit yang indah, serta suara gemuruh yang terdengar saat air mengalir di dalamnya. Anda dapat menjelajahi gua ini dengan pemandu yang akan memberikan informasi menarik tentang formasi geologis dan keunikan gua ini. Pastikan Anda membawa pakaian yang nyaman dan sepatu yang cocok untuk menjelajahi gua ini dengan aman.

8. Bukit Kursi

Bukit Kursi adalah tempat yang populer di Mojokerto untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Dari puncak bukit, Anda dapat melihat panorama yang memukau, terutama saat matahari terbenam. Bukit ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk camping dan kegiatan outdoor lainnya. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan malam di alam bebas, Bukit Kursi adalah pilihan yang tepat.

9. Pemandian Belahan

Pemandian Belahan adalah tempat yang populer di Mojokerto untuk bersantai dan menikmati kolam air panas alami. Air panas di pemandian ini dipercaya memiliki khasiat penyembuhan dan dapat membantu merelaksasi tubuh. Anda dapat merendam diri dalam kolam air panas yang nyaman sambil menikmati pemandangan sekitar. Pemandian Belahan juga memiliki area piknik dan fasilitas lainnya yang akan membuat pengalaman Anda lebih menyenangkan.

10. Curug Putuk Truno

Curug Putuk Truno adalah air terjun yang terletak di Desa Sumber Wringin, Mojokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar air terjun, berenang di kolam yang jernih, atau hanya duduk-duduk menikmati ketenangan alam sekitar. Curug Putuk Truno juga merupakan tempat yang ideal untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman Anda.

11. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo adalah tempat yang sempurna untuk pecinta petualangan dan keindahan alam. Terkenal karena batu-batunya yang besar dan unik, yang tampak seperti ular raksasa yang sedang berjemur di pantai. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar pantai, menjelajahi gua-gua kecil di sekitarnya, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak dan angin laut yang menenangkan. Pantai Watu Ulo juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbit yang indah.

12. Air Terjun Coban Rondo

Terletak di kaki Gunung Kawi, Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun terindah di Mojokerto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini, berjalan-jalan di sekitar area sekitarnya, atau hanya duduk-duduk menikmati ketenangan alam. Coban Rondo juga memiliki fasilitas seperti area piknik dan restoran, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu lebih lama di sini.

BACA JUGA  Penginapan di Pantai Batakan Baru - Nikmati Liburanmu dengan Pemandangan Indah Laut

13. Alun-Alun Mojokerto

Alun-Alun Mojokerto adalah pusat kota yang hidup dan ramai di Mojokerto. Tempat ini adalah tempat yang populer untuk bersantai, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati suasana. Anda dapat duduk di taman yang indah, bermain dengan anak-anak di area bermain, atau mencoba makanan lezat di warung-warung makan yang tersedia di sekitar alun-alun. Alun-Alun Mojokerto juga sering menjadi tempat acara budaya dan hiburan yang menarik.

14. Candi Tikus

Candi Tikus adalah salah satu peninggalan sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan detil ukiran yang menakjubkan. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Tikus juga sering digunakan sebagai lokasi upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

15. Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng adalah tempat yang populer untuk berenang dan bersantai di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak yang menenangkan. Pantai Banyu Meneng juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

16. Candi Kedaton

Candi Kedaton adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Kedaton juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

17. Bukit Kapur Selorejo

Bukit Kapur Selorejo adalah tempat yang populer untuk menikmati pemandangan alam yang spektakuler di Mojokerto. Terkenal dengan formasi batu kapurnya yang unik dan panorama yang menakjubkan. Anda dapat mendaki bukit ini dan menikmati pemandangan indah dari puncaknya. Bukit Kapur Selorejo juga merupakan tempat yang populer untuk melihat matahari terbit dan terbenam yang memukau.

18. Pemandian Pulo

Pemandian Pulo adalah tempat yang populer untuk bersantai dan menikmati kolam air panas alami di Mojokerto. Air panas di pemandian ini dipercaya memiliki khasiat penyembuhan dan dapat membantu merelaksasi tubuh. Anda dapat merendam diri dalam kolam air panas yang nyaman sambil menikmati pemandangan sekitar. Pemandian Pulo juga memiliki fasilitas seperti area piknik dan restoran, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu lebih lama di sini.

19. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo adalah salah satu peninggalan sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan detil ukiran yang menakjubkan. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Jolotundo juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

20. Pantai Soge

Pantai Soge adalah tempat yang populer untuk berenang dan bersantai di Mojokerto. Terkenal dengan pasir hitamnya yang unik dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir hitam, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak yang menenangkan. Pantai Soge juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

21. Makam Ronggo Warsito

Makam Ronggo Warsito adalah tempat yang penting secara sejarah di Mojokerto. Ronggo Warsito adalah seorang tokoh dari Mojokerto yang terkenal sebagai pujangga Jawa. Anda dapat mengunjungi makamnya dan menghormati jasa-jasanya sambil mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah lokal. Makam Ronggo Warsito juga sering menjadi tempat upacara keagamaan dan budaya oleh masyarakat setempat.

22. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah tempat yang populer untuk berenang dan bersantai di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak yang menenangkan. Pantai Pasir Putih juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

23. Kebun Binatang Mojokerto

Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga sambil melihat berbagai hewan, kunjungi Kebun Binatang Mojokerto. Kebun binatang ini memiliki berbagai jenis hewan, mulai dari mamalia hingga burung dan reptil. Anda dapat berjalan-jalan di sekitarkebun binatang ini sambil melihat hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, Kebun Binatang Mojokerto juga memiliki area bermain dan wahana permainan untuk anak-anak, sehingga mereka dapat memiliki pengalaman yang menyenangkan dan edukatif.

24. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah goa yang terletak di Mojokerto dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Merupakan tempat persembunyian Jenderal Supriyadi, seorang pahlawan nasional Indonesia, pada masa perjuangan kemerdekaan. Anda dapat menjelajahi goa ini dan melihat jejak sejarah yang terpahat di dinding-dindingnya. Goa Selomangleng juga sering digunakan sebagai tempat upacara dan acara budaya oleh masyarakat setempat.

25. Pantai Nambangan

Pantai Nambangan adalah tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati keindahan alam di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak yang menenangkan. Pantai Nambangan juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah.

26. Candi Ayu

Candi Ayu adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Ayu juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA  Wisata Pulau Merah: Keindahan Pantai Tersembunyi di Banyuwangi

27. Pantai Watu Ulo Sumbermanjing

Pantai Watu Ulo Sumbermanjing adalah tempat yang indah untuk menikmati pemandangan pantai yang spektakuler di Mojokerto. Terkenal dengan batu-batunya yang besar dan unik, yang tampak seperti ular raksasa yang sedang berjemur di pantai. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar pantai, menjelajahi gua-gua kecil di sekitarnya, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak dan angin laut yang menenangkan. Pantai Watu Ulo Sumbermanjing juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah.

28. Candi Belahan

Candi Belahan adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Belahan juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

29. Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah tempat yang populer untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai yang indah di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut yang tenang. Pantai Kartini juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

30. Museum Sampoerna

Museum Sampoerna adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda tertarik dengan sejarah rokok di Indonesia. Berlokasi di gedung tua yang indah dan menampilkan koleksi artefak dan informasi tentang perusahaan rokok Sampoerna. Anda dapat melihat proses pembuatan rokok tradisional, melihat koleksi rokok antik, dan mengetahui lebih lanjut tentang sejarah industri rokok di Indonesia. Museum Sampoerna juga memiliki toko suvenir di mana Anda dapat membeli produk-produk Sampoerna yang terkenal.

31. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati adalah pantai yang indah dan tenang di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut yang menenangkan. Pantai Bajul Mati juga merupakan tempat yang populer untuk berselancar, jadi jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini, Anda dapat menyewa peralatan di sekitar pantai.

32. Candi Jawi

Candi Jawi adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Jawi juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

33. Pantai Cumi-Cumi

Pantai Cumi-Cumi adalah tempat yang populer untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai yang indah di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut yang tenang. Pantai Cumi-Cumi juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

34. Candi Sanggrahan

Candi Sanggrahan adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Sanggrahan juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

35. Pantai Taman Kapal

Pantai Taman Kapal adalah tempat yang unik untuk dikunjungi di Mojokerto. Terkenal dengan deretan kapal-kapal tua yang ditempatkan di sepanjang pantai. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar area pantai dan melihat kapal-kapal yang menarik ini. Pantai Taman Kapal juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

36. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul adalah monumen yang terletak di pusat kota Mojokerto. Merupakan simbol keberanian dan perjuangan masyarakat Mojokerto. Anda dapat mengunjungi monumen ini dan menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Monumen Simpang Lima Gumul juga sering digunakan sebagai tempat upacara dan acara budaya oleh masyarakat setempat.

37. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah tempat yang populer untuk berenang, snorkeling, dan menyelam di Mojokerto. Terkenal dengan air lautnya yang jernih dan terumbu karangnya yang indah. Anda dapat berenang di laut yang tenang, mengeksplorasi kehidupan bawah air yang kaya, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan sekitar. Pantai Sendang Biru juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah.

38. Candi Tumpang

Candi Tumpang adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Tumpang juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA  Wisata Boyolali: Menikmati Pesona Alam Jawa Tengah

39. Pantai Soge

Pantai Soge adalah tempat yang populer untuk berenang dan bersantai di Mojokerto.Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak yang menenangkan. Pantai Soge juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

40. Candi Kidal

Candi Kidal adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-13. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Kidal juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

41. Air Terjun Taman Dayu

Air Terjun Taman Dayu adalah air terjun yang terletak di kawasan Taman Dayu, Mojokerto. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar air terjun, menikmati udara segar, dan mendengarkan suara gemericik air yang menenangkan. Air Terjun Taman Dayu juga memiliki fasilitas seperti area piknik dan restoran, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu lebih lama di sini.

42. Candi Jago

Candi Jago adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-13. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Jago juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

43. Pantai Minak Jinggo

Pantai Minak Jinggo adalah tempat yang indah untuk menikmati pemandangan pantai yang spektakuler di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut yang tenang. Pantai Minak Jinggo juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah.

44. Candi Jabung

Candi Jabung adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto.Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-13.Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Jabung juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

45. Pantai Modangan

Pantai Modangan adalah tempat yang populer untuk berenang dan bersantai di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati suara ombak yang menenangkan. Pantai Modangan juga memiliki area piknik dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas laut.

46. Candi Kidal

Candi Kidal adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-13. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Kidal juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

47. Pantai Prigi

Pantai Prigi adalah tempat yang populer untuk berenang, berselancar, dan menyaksikan penyu bertelur di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, mencoba olahraga berselancar, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut yang indah. Pantai Prigi juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan penyu bertelur, terutama pada bulan-bulan tertentu.

48. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang adalah salah satu situs sejarah yang menarik di Mojokerto. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari dan diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Wringin Lawang juga sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

49. Pantai Bajulmati

Pantai Bajulmati adalah pantai yang indah dan tenang di Mojokerto. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang di laut yang tenang, berjemur di pasir putih, atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan laut yang menenangkan. Pantai Bajulmati juga merupakan tempat yang populer untuk berselancar, jadi jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini, Anda dapat menyewa peralatan di sekitar pantai.

50. Candi Brahu

Terakhir, namun tidak kalah penting, Candi Brahu adalah salah satu peninggalan sejarah yang menarik di Mojokerto. Candi ini adalah peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan terkenal karena arsitektur yang indah dan ukiran yang halus. Anda dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Jawa Timur. Candi Brahu juga sering digunakan sebagai lokasi upacara keagamaan oleh masyarakat setempat.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Mojokerto yang patut Anda kunjungi. Dari wisata alam hingga wisata sejarah, Mojokerto memiliki banyak hal menarik untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan di Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Mojokerto dan nikmati keindahan serta keunikan tempat-tempat wisatanya.