Air Terjun Banjarbaru Wisata Alam yang Menakjubkan di Kalimantan Selatan

Air Terjun Banjarbaru: Wisata Alam yang Menakjubkan di Kalimantan Selatan

Rute Menuju Air Terjun Banjarbaru

Air Terjun Banjarbaru terletak di Desa Banjarbaru, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk mencapai lokasi wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti jalur menuju Jalan Raya Banjarbaru-Simpang Empat. Setelah mencapai Desa Banjarbaru, kamu akan menemukan petunjuk arah ke lokasi wisata ini. Sedangkan jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bus menuju Terminal Bus Simpang Empat. Dari terminal, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi atau ojek online.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Air Terjun Banjarbaru merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Kamu akan disuguhi panorama alam yang hijau dan sejuk. Di lokasi wisata ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan menantang seperti berenang, memancing, atau berkemah. Kamu juga bisa menjajal trekking di sekitar lokasi wisata yang akan membawa kamu ke tempat-tempat yang lebih tersembunyi dan memukau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner khas Banjar di warung-warung makan yang ada di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk menikmati keindahan air terjun, kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Harga tiket masuk wisata ini tergolong terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000 per orang. Dengan harga yang murah tersebut, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang memukau.

Keindahan Air Terjun Banjarbaru

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang jernih dan segar. Memiliki kolam alami yang cukup luas dan dalam, sehingga cocok untuk berenang atau bahkan memancing. Di sekitar lokasi wisata, kamu akan menemukan hutan yang hijau dan sejuk yang akan membuat kamu merasa lebih dekat dengan alam. Keindahan alam yang ditawarkan membuat wisatawan yang datang merasa betah dan enggan meninggalkan tempat ini.

BACA JUGA  Curug Dekat Puncak: Wisata Alam yang Menyejukkan

Cerita Sejarah Air Terjun Banjarbaru

Air terjun ini memiliki cerita sejarah yang menarik. Konon, air terjun ini dahulu merupakan tempat mandi bagi para putri raja. Mereka sering mandi di kolam alami yang ada di sekitar air terjun untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Dalam cerita lain, air terjun ini juga sering dijadikan tempat pertemuan rahasia antara para pejuang Banjar yang sedang berjuang melawan penjajah Belanda.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Air terjun ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung kegiatan wisatawan. Di lokasi wisata ini, kamu akan menemukan area parkir yang luas, toilet, warung makan, dan mushola. Kamu juga bisa menyewa tenda atau peralatan camping di sekitar lokasi wisata. Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan, di area air terjun juga terdapat petugas yang siap membantu dan menjaga keamanan.

Cuaca di Lokasi Wisata

Air terjun ini berada di daerah yang cukup terpencil dan jauh dari keramaian, sehingga cuaca di lokasi wisata ini cukup sejuk dan nyaman. Namun, saat berkunjung ke lokasi wisata ini, kamu disarankan untuk membawa jaket atau pakaian hangat karena suhu di malam hari bisa cukup dingin.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan Juni hingga September. Pada musim ini, air terjun memiliki debit air yang cukup besar dan kolam alami yang lebih dalam. Selain itu, pada musim kemarau, kamu juga bisa menikmati panorama alam yang lebih hijau dan sejuk. Namun, jika kamu ingin merasakan suasana yang lebih sepi dan tenang, kamu juga bisa berkunjung pada musim hujan.

BACA JUGA  Pantai Mustika: Surga Tersembunyi di Tengah Kota Semarang

Akomodasi di Sekitar Lokasi Wisata

Jika kamu ingin menginap di sekitar lokasi wisata, kamu bisa mencari penginapan di kota Banjarbaru atau Banjarmasin yang berjarak sekitar 1-2 jam dari lokasi wisata. Di kedua kota tersebut, kamu akan menemukan berbagai pilihan penginapan yang sesuai dengan budget dan preferensi kamu.

Transportasi di Sekitar Lokasi Wisata

Di sekitar lokasi wisata, kamu akan menemukan berbagai pilihan transportasi seperti taksi, ojek, atau angkutan umum. Namun, jika kamu ingin merasakan suasana yang lebih autentik, kamu juga bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk menjelajahi sekitar lokasi wisata.

Keselamatan di Lokasi Wisata

Meskipun air terjun ini tergolong aman untuk dikunjungi, kamu tetap harus memperhatikan keselamatan diri selama berada di lokasi wisata. Pastikan kamu tidak berenang terlalu jauh dari pinggir kolam alami dan selalu memperhatikan anak-anak yang bermain di sekitar lokasi wisata. Kamu juga disarankan untuk membawa obat-obatan atau peralatan medis yang diperlukan saat berkunjung ke lokasi wisata.

Perlengkapan yang Harus Dibawa

Agar perjalananmu lebih nyaman dan menyenangkan, kamu disarankan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti pakaian ganti, handuk, alas kaki yang nyaman, dan peralatan camping jika ingin menginap di sekitar lokasi wisata. Kamu juga disarankan untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah selama di lokasi wisata.

Peraturan di Lokasi Wisata

Seperti halnya wisata alam lainnya, di wisata air terjun ini juga terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti oleh wisatawan. Beberapa peraturan tersebut antara lain tidak boleh merusak alam, tidak boleh membuang sampah sembarangan, dan tidak boleh merusak fasilitas yang ada di sekitar lokasi wisata. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengikuti petunjuk arah dan perintah dari petugas keamanan yang ada di lokasi wisata.

BACA JUGA  Pulau Cingkuak: Wisata Alam di Sumatera Barat yang Memikat Hatimu

Kesimpulan

Air Terjun Banjarbaru merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan di Kalimantan Selatan. Keindahan alam yang ditawarkan oleh air terjun ini akan membuat kamu merasa betah dan enggan meninggalkan tempat ini. Dengan fasilitas yang lengkap dan harga tiket yang terjangkau, kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Selain itu, dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar lokasi wisata, kamu tidak akan merasa bosan selama berada di lokasi wisata ini. Jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan diri selama berada di lokasi wisata dan mengikuti peraturan yang berlaku.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berkunjung.