Air Terjun Oehala Keindahan Alam yang Tersembunyi di Pulau Timor

Air Terjun Oehala: Keindahan Alam yang Tersembunyi di Pulau Timor

Rute Menuju Air Terjun Oehala

Air terjun Oehala terletak di Desa Oehala, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berada sekitar 82 km dari Kota Kupang atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari Kota Kupang. Rute yang harus diambil adalah:

– Kota Kupang – Kota Soe (jalan raya Trans Timor) – Desa Oehala. Jarak tempuh sekitar 82 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Saat tiba di Desa Oehala, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15-20 menit untuk mencapai air terjun. Jalan menuju air terjun cukup menantang karena harus melewati jalan setapak yang berbatu dan menurun.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup besar. Keindahan alam sekitar air terjun sangat memukau dan menyejukkan mata. Udara sejuk dan segar akan menyambut pengunjung yang datang. Aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi wisata adalah:

1. Berenang

Air terjun ini memiliki kolam alami yang cukup luas dan dalam. Pengunjung dapat berenang dan menikmati segarnya air terjun.

2. Memancing

Bagi pengunjung yang suka memancing, air terjun ini juga menyediakan spot memancing yang cukup bagus.

3. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam sekitar air terjun sangat memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang asri dan segar.

4. Camping

Bagi pengunjung yang ingin menginap, di sekitar air terjun juga disediakan area camping yang cukup luas.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

BACA JUGA  Tempat Wisata di Semarang

Kesimpulan

Air terjun Oehala merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Timor. Keindahan alam sekitar air terjun sangat memukau dan menyejukkan mata. Aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi wisata air terjun juga cukup bervariasi, seperti berenang, memancing, menikmati keindahan alam, dan camping. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 82 km dari Kota Kupang atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Setelah tiba di Desa Oehala, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15-20 menit untuk mencapai air terjun ini. Untuk memasuki kawasan wisata air terjun, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke air terjun Oehala di Pulau Timor.