Air Terjun Bossolo Pesona Keindahan Alam Tercantik di Sulawesi Tenggara

Air Terjun Bossolo: Pesona Keindahan Alam Tercantik di Sulawesi Tenggara

Rute Menuju Air Terjun Bossolo

Air Terjun Bossolo terletak di Desa Bossolo, Kecamatan Poleang Tengah, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Jika Anda ingin berkunjung ke sana, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Pertama, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan menempuh jarak sekitar 120 km dari Kota Kendari.

2. Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau travel yang tersedia di Terminal Bahteramas Kendari. Namun, perjalanan ini membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus berganti kendaraan di beberapa titik. Setelah sampai di Desa Bossolo, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk mencapai lokasi air terjun.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Air Terjun Bossolo memiliki keindahan yang sangat memukau. Di sana, Anda dapat menikmati pemandangan air terjun setinggi sekitar 25 meter yang mengalir deras dari tebing batu karang. Selain itu, ada juga kolam alami di bawah air terjun yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar berendam. Untuk Anda yang suka dengan petualangan, Anda dapat menjajal aktivitas trekking dengan menelusuri hutan sekitar air terjun. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang masih alami dan jarang ditemukan di tempat lain. Anda juga dapat melakukan piknik atau camping di sekitar area air terjun.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke lokasi wisata Air Terjun, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang. Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000. Namun, jika Anda ingin melakukan aktivitas camping di sekitar area air terjun, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 25.000.

Keindahan Air Terjun Bossolo yang Mempesona

Air Terjun ini memiliki keindahan yang sangat memukau. Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk menikmati pesona keindahan alam yang masih sangat alami. Air terjun yang berada di tengah-tengah hutan hijau dan tebing batu karang yang menjulang tinggi, membuat suasana di sekitar air terjun menjadi sangat sejuk dan sejuk. Suara gemericik air yang mengalir deras dari tebing batu karang menjadi musik alami yang menyenangkan telinga. Selain itu, kolam alami di bawah air terjun yang jernih dan dingin, menjadi tempat yang cocok untuk berenang dan bermain air.

BACA JUGA  Menikmati Keindahan Pantai Teluk Kiluan di Lampung

Keindahan Hutan Sekitar Air Terjun Bossolo

Hutan di sekitar Air Terjun masih sangat alami dan jarang tersentuh oleh tangan manusia. Di sana, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang masih asli dan dapat ditemukan dengan mudah. Beberapa jenis fauna yang dapat ditemukan di hutan sekitar air terjun antara lain, kera, burung hantu, dan ular. Sedangkan, beberapa jenis flora yang dapat ditemukan di sana antara lain, pohon kelapa, pohon coklat, dan pohon jambu.

Sejarah Air Terjun Bossolo

Air Terjun ini memiliki sejarah yang cukup unik. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, air terjun ini merupakan tempat persembunyian para pemberontak pada masa penjajahan Belanda. Para pemberontak tersebut menggunakan hutan di sekitar air terjun sebagai tempat persembunyian dari penjajah. Setelah kemerdekaan Indonesia, air terjun ini mulai dikenal sebagai objek wisata alam yang indah dan menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Wisata

Air Terjun ini menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Di sana, terdapat kamar mandi dan toilet yang bersih dan terawat. Selain itu, terdapat juga warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas camping, Anda dapat menyewa tenda yang tersedia di lokasi wisata.

Tips Berkunjung

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Bossolo dengan maksimal, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Usahakan untuk datang pada pagi hari atau sore hari agar tidak terlalu panas saat berjalan kaki di sekitar area air terjun.

2. Jangan lupa membawa perlengkapan yang diperlukan seperti baju ganti, handuk, dan alas kaki yang nyaman.

3. Bawa makanan dan minuman yang cukup, karena di sekitar lokasi wisata tidak terdapat toko atau warung yang menjual makanan dan minuman.

BACA JUGA  Pantai Marbella: Surga Tersembunyi di Bali

4. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya agar keindahan alam tetap terjaga.

Kesimpulan

Air Terjun Bossolo merupakan salah satu objek wisata alam yang indah dan menarik di Sulawesi Tenggara. Keindahan air terjun yang mengalir deras dari tebing batu karang, kolam alami yang jernih, serta hutan yang masih alami menjadi daya tarik utama di sana. Selain itu, terdapat juga fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, sebaiknya memperhatikan beberapa tips yang telah disebutkan agar dapat menikmati keindahan Air Terjun Bossolo dengan maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana.