Bacaan Sholat Jenazah untuk Perempuan

Bacaan Sholat Jenazah untuk Perempuan

Pengertian Sholat Jenazah

Bacaan Sholat Jenazah untuk Perempuan – Sholat jenazah adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim untuk menghormati jenazah dan mendoakan kebaikannya. Sholat jenazah juga menjadi salah satu cara untuk mengiringi jenazah menuju ke liang lahat dan memberikan penghormatan terakhir sebelum dikebumikan. Bagi perempuan muslim, prosesi sholat jenazah dilakukan dengan beberapa aturan yang berbeda dengan sholat jenazah bagi laki-laki.

Syarat dan Tata Cara Sholat Jenazah bagi Perempuan

Syarat utama dalam sholat jenazah bagi perempuan adalah adanya pengawalan oleh seorang mahram atau suami. Selain itu, perempuan diharuskan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan aturan Islam. Dalam pelaksanaannya, sholat jenazah bagi perempuan dilakukan dengan tata cara yang hampir sama dengan sholat jenazah bagi laki-laki.

Bacaan Sholat Jenazah bagi Perempuan

Berikut ini adalah bacaan sholat jenazah bagi perempuan yang harus dilakukan dengan tata cara yang benar:

Takbiratul Ihram

Diucapkan dengan bertakbir, yaitu: Allahu Akbar

Takbir Kedua

Setelah takbir pertama, diucapkan doa:

“A’udzu billahi minasy syaithanirrajim. Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin. Ar Rahmanir Rahim. Maliki yaumiddin. Iyyaka Na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas shirathal mustaqim. Shiraathal ladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi ‘alaihim walad daallin.”

Takbir Ketiga

Setelah takbir kedua, dilakukan doa untuk jenazah perempuan dengan bacaan sebagai berikut:

“Allahummaghfirlaha warhamha wa’afihaha wa’fu’anha warzuqha kholafan hasanah.”

Takbir Keempat

Setelah takbir ketiga, diucapkan doa selamat untuk orang yang sholat jenazah, yaitu:

“Allahummaghfir li hayyinaa wa mayyitinaa wa shahidinaa wa gha’ibinaa wa saghirinaa wa kabirinaa wa dzakarinaa wa untsanaa. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal Islam, wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu ‘alal iman.”

BACA JUGA  Bacaan Niat Mandi Wajib Haid

Kesimpulan

Dalam melaksanakan sholat jenazah bagi perempuan, terdapat beberapa aturan dan tata cara yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah adanya pengawalan oleh seorang mahram atau suami. Bacaan sholat jenazah bagi perempuan juga hampir sama dengan sholat jenazah bagi laki-laki, dengan tambahan doa khusus untuk jenazah perempuan. Dengan memahami tata cara dan bacaan sholat jenazah bagi perempuan, diharapkan kita dapat melaksanakan sholat ini dengan benar dan memenuhi kewajiban sebagai muslim.

Semoga bermanfaat.