Cara Mengatasi WA Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul di Latar Belakang

Pada artikel sebelumnya kita membahas tentang penyebab dari notifikasi wa tidak muncul. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul di ponsel kita. Seperti yang kita ketahui bahwa notifikasi yang tidak muncul akan sangat mengganggu aktivitas kita dalam berkomunikasi. Mengingat bahwa WhatsApp sudah menjadi media komunikasi utama pada ponsel kita.

Seiring perkembangan zaman, WA telah melewati beberapa pembaharuan mengikuti kebutuhan konsumen dalam menggunakan aplikasi. Hal ini pun membuat kita hampit tidak mengetahui jika adanya beberapa bug di dalam aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul

WhatsApp telah menjadi aplikasi utama di dalam ponsel. Hampir sebagian besar bahkan hampir semua pengguna smartphone menggunakan WA sebagai alat komunikasi mereka. Pasalnya, WhatsApp telah dimiliki Mark Zukeberg yang mana sebagai pemilik Facebook. Tentunya terdapat beberapa pembaharuan yang mungkin belum kita ketahui.

Setelah mengetahui beberapa penyebab notifikasi wa tidak muncul, mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahui cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul. Namun mungkin ada beberapa hal yang belum kita ketahui faktor penyebab lainnya, sehingga menggunakan cara sederhana tidak bisa mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang bisa kita coba sendiri di rumah. Jadi, jangan terburu-buru membawa smartphone Anda ke counter atau tukang service HP. Bisa jadi, Anda bisa mengatasinya sendiri dengan beberapa cara berikut.

Jaringan Koneksi Internet

Seperti penjelasan di artikel sebelumnya, bahwa penyebab utama dari gangguan notifikasi wa adalah jaringan internet yang kurang stabil. Sehingga cara mengatasinya, kita perlu cek jaringan internet kita dahulu. Anda bisa mencobanya dengan melakukan browsing atau menjalankan aplikasi lainnya yang menggunakan jaringan internet. Jika aplikasi tersebut berjalan tersendat-sendat, bisa dipastikan bahwa jaringan internet Anda sedang macet atau gangguan.

Anda bisa mencoba melakukan reconnect atau mengkoneksikan ulang data internet Anda. Caranya, matikan dahulu data internet Anda, kemudian gunakan mode pesawat beberapa detik. Selanjutnya, Anda bisa menghidupkan kembali data internet Anda dan mematikan mode pesawat.

Jika koneksi internet mulai stabil dengan mencoba melakukan browsing internet, maka hal ini bisa saja mengatasi masalah notifikasi wa. Namun jika belum berhasil juga, Anda bisa mencobanya dengan cara kedua.

Penggunaan Data di Latar Belakang On

Cara kedua ini masih berhubungan dengan koneksi jaringan internet. Anda bisa memastikan bahwa penggunaan data di latar belakang statusnya On. Karena ada beberapa ponsel yang bisa mematikan data internet secara otomatis jika membuka aplikasi yang tidak berhubungan dengan jaringan intenet. Hal ini merupakan satu keunggulan fitur untuk menghemat data internet pada ponsel.

Anda bisa cek di pengaturan jaringan, dan pastikan penggunaan data internet on meskipun berada di latar belakang ponsel. Sehingga, ketika kita membuka aplikasi off internet, kita tetap bisa menghidupkan data internet kita.

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul Lewat Konfigurasi

Cara selanjutnya adalah melihat pengaturan notifikasi WhatsApp. Pastikan pada konfigurasi ini, notifikasi WA tidak dalam keadaan ‘Off’. Pada dasarnya, kita bisa mematikan notifikasi WA pada saat membuka aplikasi lain. Hal ini merupakan salah satu fitur mode ganggu yang mana kita tidak akan terganggu beberapa notifikasi masuk saat sedang menjalankan aktivitas ponsel lain.

Reload Aplikasi

Cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang terakhir adalah memuat ulang aplikasi WhatsApp atau membersihkan cache aplikasi tersebut. Karena bisa saja aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda sedang penuh sehingga aplikasi tidak bisa berjalan secara optimal.