Curug Lojahan Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Barat

Curug Lojahan: Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Barat

Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Curug Lojahan. Curug Lojahan terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Desa Sukawangi, Kecamatan Pangalengan dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki air terjun yang indah.

Rute Menuju Curug Lojahan

Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

Dari Kota Bandung, Anda dapat mengambil jalan menuju Jalan Pasir Koja – Jalan Aceh – Jalan Soekarno Hatta – Jalan Soekarno Hatta No.762 – Jalan Pasir Impun – Jalan Pasir Kaliki – Jalan Surya Sumantri – Jalan Cihanjuang Rahayu – Jalan Soreang – Jalan Ciwidey – Jalan Raya Pangalengan – Jalan Sukawangi – Curug Lojahan.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus dari Terminal Leuwi Panjang menuju Pangalengan dan turun di Pasar Pangalengan. Dari pasar Pangalengan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan sewa hingga sampai di curug ini.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Di sana, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dan menikmati suasana yang tenang. Selain itu, ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di sana, seperti:

Berenang

Di area sekitar air terjun, terdapat kolam yang dapat Anda gunakan untuk berenang. Kolamnya cukup dalam dan airnya jernih, sehingga cocok untuk berenang atau bermain air. Namun, pastikan Anda berhati-hati dan tidak berenang terlalu jauh dari kolam, karena arus air terjun cukup kuat.

Trekking

Jika Anda suka dengan aktivitas fisik, Anda dapat melakukan trekking di sekitar curug. Trekking di sini cukup menantang, karena medannya cukup terjal dan licin. Namun, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan.

BACA JUGA  Pantai Indrayanti: Pesona Wisata Pantai yang Menawan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Camping

Di curug ini, Anda juga dapat melakukan camping. Di sekitar area air terjun, terdapat banyak tempat yang cocok untuk mendirikan tenda. Anda dapat menikmati malam di tengah alam yang sejuk dan tenang. Pastikan Anda membawa peralatan camping yang cukup, seperti tenda, sleeping bag, dan peralatan memasak.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke area wisata ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Kesimpulan

Curug Lojahan adalah destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Barat. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dan melakukan beberapa aktivitas menarik, seperti berenang, trekking, dan camping. Pastikan Anda membawa peralatan yang cukup dan mematuhi aturan yang ada di lokasi wisata.

Semoga bermanfaat.