Mangku Sakti Wisata Alam yang Menakjubkan di Jawa Barat

Mangku Sakti: Wisata Alam yang Menakjubkan di Jawa Barat

Rute Menuju Mangku Sakti

Mangku Sakti terletak di kawasan Ciletuh Geopark, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, ambil jalur Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Padalarang. Kemudian, ikuti jalan raya Padalarang-Cianjur dan perjalanan akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bus dari Terminal Leuwi Panjang di Bandung menuju Terminal Cianjur. Setelah sampai di Terminal Cianjur, kamu bisa naik angkot menuju ke arah Desa Sirnaresmi. Dari Desa Sirnaresmi, kamu bisa menyewa motor trail atau ojek untuk mencapai lokasi wisata.

Aktivitas di Lokasi Wisata Mangku Sakti

Mangku Sakti adalah tempat yang cocok bagi kamu yang hobi dengan aktivitas alam. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di lokasi wisata:

1. Mendaki Gunung Manglayang

Gunung Manglayang merupakan gunung tertinggi di kawasan Ciletuh Geopark. Kamu bisa memulai pendakian dari kaki Gunung Manglayang atau dari kawasan Mangku Sakti. Perjalanan pendakian memakan waktu sekitar 6-8 jam.

2. Bermain Air di Air Terjun Cikahuripan

Air Terjun Cikahuripan memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Kamu bisa berenang atau bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun. Airnya yang jernih dan segar akan membuat kamu merasa nyaman berada di tempat yang sejuk.

3. Menjelajahi Goa Lalay

Goa Lalay adalah goa yang terletak di kawasan Mangku Sakti. Kamu bisa menjelajahi goa ini dengan menggunakan peralatan yang disediakan oleh pengelola wisata. Goa Lalay memiliki stalagtit dan stalagmit yang indah dan menakjubkan.

4. Berfoto di Bukit Manglayang

Bukit Manglayang memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Kamu bisa naik ke puncak Bukit Manglayang untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

BACA JUGA  Pantai Pasir Hitam: Pesona Keindahan Pantai di Indonesia

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Tiket masuk ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk aktivitas di dalam kawasan wisata, kamu harus membayar biaya tambahan. Berikut beberapa biaya tambahan yang harus kamu bayar:

1. Pendakian Gunung Manglayang: Rp 25.000/orang

2. Bermain Air di Air Terjun Cikahuripan: Rp 5.000/orang

3. Menjelajahi Goa Lalay: Rp 10.000/orang

4. Naik Motor Trail: Rp 100.000/orang

5. Sewa Ojek: Rp 50.000/orang

Kesimpulan

Mangku Sakti adalah tempat wisata alam yang menakjubkan di Jawa Barat. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam yang masih asli dan menikmati berbagai aktivitas alam yang seru. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang cukup dan mempersiapkan diri sebelum memulai perjalanan ke lokasi wisata.

Semoga bermanfaat.