Doa Keluar dari WC

Doa Keluar dari WC

Kenapa Kita Harus Membaca Doa Setelah Keluar dari WC?

Sebagai umat muslim, doa merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan setiap saat. Di antara doa yang sering dilakukan adalah doa setelah keluar dari WC. Doa ini bukan hanya sekadar ritual, namun memiliki makna yang dalam. Setelah keluar dari WC, kita harus merasa bersyukur karena Allah SWT telah memberikan kemudahan bagi kita untuk dapat melakukan kegiatan yang sehari-hari dilakukan dengan mudah. Namun, dalam Islam, keluar dari WC juga dianggap sebagai waktu yang rentan terhadap gangguan dari setan. Maka dari itu, dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dan meminta agar diri kita selalu dijaga oleh Allah SWT dari segala macam gangguan yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita.

Doa Keluar dari WC yang Bisa Dibaca

Ada beberapa doa yang bisa dibaca. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. أَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesusahan dariku dan memuliakan aku.”

2. غُفْرَانَكَ اللَّهُمَّ

“Ya Allah, ampunilah dosaku.”

3. الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلاَّكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

“Segala puji bagi Allah yang memberikan kesehatan padaku dan melimpahkan kebaikan-Nya padaku dibandingkan dengan kebanyakan makhluk-Nya.”

Manfaat Membaca Doa Keluar dari WC

Membaca doa ini tidak hanya memberikan keberkahan dan pahala bagi umat muslim, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa dalam waktu 20 detik ketika kita membaca doa, kita akan mengeluarkan bakteri dan kuman yang mungkin menempel pada tubuh kita. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, membaca doa juga dapat membantu kita mengendalikan emosi dan menjaga keseimbangan diri. Kita menjadi lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam melakukan aktivitas selanjutnya.

BACA JUGA  Doa Sholat Jenazah Perempuan: Pahala dan Keberkahan di Akhirat

Kesimpulan

Doa keluar dari WC bukan hanya sebatas ritual atau kebiasaan, namun memiliki makna yang dalam bagi umat muslim. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dan meminta agar diri kita selalu dijaga oleh Allah SWT dari segala macam gangguan yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita. Selain itu, membaca doa juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan keseimbangan diri.Maka dari itu, mari kita biasakan untuk selalu membaca doa dan menjadikannya sebagai bagian dari ibadah yang kita lakukan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.