Doa Shalat Jenazah Perempuan Panduan Lengkap

Doa Shalat Jenazah Perempuan: Panduan Lengkap

Pengertian Shalat Jenazah Perempuan

Shalat jenazah adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim saat ada seseorang yang meninggal dunia. Shalat jenazah perempuan dilakukan dengan cara yang sama seperti shalat jenazah laki-laki, namun terdapat beberapa perbedaan dalam doa yang dibaca dan dilakukan ketika ada perempuan muslim yang meninggal, baik itu anak perempuan, istri, ibu, atau nenek.

Waktu Pelaksanaan Shalat Jenazah Perempuan

Waktu pelaksanaan shalat jenazah perempuan sama seperti shalat jenazah laki-laki, yaitu setelah adzan dan sebelum shalat pengganti. Namun, untuk shalat jenazah perempuan yang meninggal saat waktu shalat maghrib atau isya’, pelaksanaannya dapat ditunda hingga shalat subuh.

Bacaan Niat Shalat Jenazah Perempuan

Sebelum melaksanakan shalat jenazah perempuan, niat harus dibaca terlebih dahulu. Bacaan niat shalat jenazah perempuan adalah sebagai berikut:أُصَلِّي عَلَى جَنَازَةِ هَذِهِ الْمَرْأَةِ الْمُسْلِمَةِUsholli ‘ala janaazati hadzihil mar’ati almuslimahArtinya: “Aku berniat shalat jenazah atas jenazah perempuan muslimah ini.”

Takbir Pertama

Setelah membaca niat, takbir pertama harus dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Kemudian, tangan di letakkan di atas dada, tangan kanan di atas tangan kiri.

Doa Iftitah

Setelah takbir pertama, doa iftitah dibaca. Doa iftitah adalah sebagai berikut:اللّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَAllahumma fatah li abwaaba rahmatikaArtinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Takbir Kedua

Setelah doa iftitah, takbir kedua harus dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Kemudian, membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Doa Untuk Jenazah Perempuan

Setelah membaca shalawat, bacaan doa untuk jenazah perempuan harus dilakukan. Bacaan doa untuk jenazah perempuan adalah sebagai berikut:اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَرْزُقْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِAllahumma ghfir laha warhamha wa ‘afihah wa’fu ‘anha, wa akrim nuzulaha wa wassia’ madkhalaha, wagsilh bilma’i wal tsalji wal baradi, wa naqqiha minadz dzanbi kama yunaqqats tsaubul abyadu minad danas, wa arzuqha daran khairan min dariha, wa ahlan khairan min ahliha, wa zawjan khairan min zawjiha, wa adkhilal jannata, wa a’idzha min ‘adhabil qabri wa ‘adzhabin naar.

BACA JUGA  Organisasi Nasional Cabang Senam: Membangun Olahraga Indonesia

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, berikanlah kesehatan padanya, maafkanlah kesalahannya, muliakanlah tempatnya, lapangkanlah kuburnya, cucilah dia dengan air, salju dan embun, bersihkanlah dia dari segala dosa sebagaimana baju yang putih dari kotoran, berikanlah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, dan suami yang lebih baik dari suaminya. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.”

Takbir Ketiga dan Keempat

Setelah membaca doa untuk jenazah perempuan, takbir ketiga dan keempat dilakukan dengan mengangkat tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar” pada masing-masing takbir.

Salam

Setelah takbir keempat, salam dilakukan dengan memandang ke kanan dan mengucapkan salam diikuti dengan salam ke kiri.

Keluar Dari Shalat Jenazah Perempuan

Setelah salam, shalat jenazah perempuan selesai dan dapat ditinggalkan untuk bergabung dengan orang lain yang belum melaksanakan shalat jenazah.

Kesimpulan

Shalat jenazah perempuan merupakan sebuah ibadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim saat ada seseorang perempuan yang meninggal dunia. Ibadah ini dilakukan dengan cara yang sama seperti shalat jenazah laki-laki, namun terdapat beberapa perbedaan dalam doa yang dibaca. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca untuk memahami doa shalat jenazah perempuan secara lengkap dan benar.

Semoga bermanfaat.