Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel, Surga Tersembunyi di Pulau Bali

Pantai Bias Tugel adalah salah satu pantai tersembunyi yang berada di Bali. Terletak di daerah Padangbai, Kabupaten Karangasem, pantai ini mempunyai keunikan dan keindahan alam yang berbeda dari pantai-pantai lainnya di Bali. Selain itu, keberadaannya yang tersembunyi membuat pantai ini menjadi tempat yang jarang dikunjungi, sehingga bisa menjadi tempat liburan yang lebih tenang dan damai.

Berikut ini akan diulas informasi tentang lokasi, rute, aktivitas, dan harga tiket masuk ke Pantai Bias Tugel :

Lokasi

Pantai Bias Tugel terletak di desa Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasinya dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat dari Denpasar atau Kuta. Jarak tempuh dari Denpasar ke Pantai Bias Tugel sekitar 1,5 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Rute

Untuk mencapai Pantai Bias Tugel, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan laut yang biru dan hamparan pasir putih di bawahnya. Sesampainya di pantai, pengunjung akan disambut dengan pemandangan karang yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri pantai, serta ombak yang tenang di sepanjang garis pantai.

Aktivitas

Pantai ini memiliki banyak aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, mulai dari berenang, berjemur di bawah sinar matahari, snorkeling, hingga menjelajahi sekitar pantai dengan perahu kano. Terumbu karang yang indah dan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di sekitar pantai merupakan daya tarik bagi para pengunjung yang ingin mencoba aktivitas snorkeling. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati makanan lokal di beberapa warung yang ada di sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Namun, ada juga biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

BACA JUGA  Tempat Wisata di Solo: Mengenal Keindahan Kota Pelajar

Tips Berkunjung

Karena akses ke Pantai Bias Tugel masih cukup terbatas, pengunjung harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung ke pantai ini. Beberapa tips yang dapat diikuti oleh pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai Bias Tugel antara lain:

1. Bawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup Karena di sekitar pantai hanya terdapat beberapa warung, maka sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk keperluan selama di pantai.

2. Bawa perlengkapan snorkeling sendiri Jika ingin mencoba aktivitas snorkeling, sebaiknya pengunjung membawa perlengkapan snorkeling sendiri. Meskipun ada beberapa tempat penyewaan peralatan snorkeling di sekitar pantai, namun biayanya cukup mahal.

3. Hindari berkunjung pada musim hujan. Pada musim hujan, akses ke Pantai Bias Tugel akan semakin sulit

Kesimpulan

Untuk bisa mencapai pantai ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan laut yang biru dan hamparan pasir putih di bawahnya. Sesampainya di pantai, pengunjung akan disambut dengan pemandangan karang yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri pantai, serta ombak yang tenang di sepanjang garis pantai.

Keindahan wisata ini juga terletak pada pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa menikmati waktu bersantai di pantai, berjemur di bawah sinar matahari, atau bermain air di laut yang tenang. Selain itu, terdapat juga bebatuan besar di sekitar pantai yang bisa digunakan sebagai tempat duduk atau bersantai.

Pengunjung juga bisa menikmati snorkeling di sekitar pantai, karena di sana terdapat terumbu karang yang indah dan ikan-ikan kecil yang berenang bebas. Pengunjung juga bisa menyewa perahu kano untuk menjelajahi sekitar pantai dan menikmati keindahan alamnya.

BACA JUGA  Pantai Bunga: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Terdapat beberapa warung dan kios yang menjual makanan dan minuman di sekitar pantai. Pengunjung bisa mencoba berbagai hidangan lokal yang dijual di sana, seperti nasi campur Bali, mie goreng, atau minuman kelapa muda segar.

Namun, karena lantai ini belum terlalu dikembangkan, maka akses ke pantai masih cukup terbatas. Pengunjung harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung ke pantai ini. Terdapat beberapa tips yang bisa diikuti oleh pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai Bias Tugel, seperti membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup, membawa perlengkapan snorkeling sendiri, dan menghindari berkunjung pada musim hujan.

Pantai Bias Tugel memang tidak sepopuler pantai-pantai lain di Bali, namun keunikan dan keindahan alamnya membuat pantai ini menjadi tempat liburan yang ideal bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana yang tenang dan damai. Meskipun akses ke pantai ini masih cukup terbatas, namun kesulitan dalam mencapai pantai ini akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan di sana.