Pantai Liman

Pantai Liman: Keindahan yang Tersembunyi di Tepian Selat Sunda

Rute Menuju Pantai Liman

Pantai Liman terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berjarak sekitar 120 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dalam 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, berikut adalah rute yang dapat diambil:

  • Dari Jakarta, arahkan kendaraan ke arah Tol Jagorawi dan keluar di gerbang Ciawi
  • Setelah keluar tol, arahkan kendaraan ke arah Caringin dan teruskan perjalanan hingga melewati Kecamatan Caringin
  • Setelah itu, luruskan kendaraan ke arah Cisolok dan ikuti jalan hingga menemukan papan petunjuk Pantai Liman
  • Ikuti petunjuk tersebut dan jangan lupa membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 Jika menggunakan transportasi umum, bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus dengan tujuan Sukabumi.
  • Setelah sampai di Terminal Sukabumi, naik angkutan kota (angkot) jurusan Cisolok dan turun di depan pintu masuk Pantai Liman. Biaya transportasi umum sekitar Rp50.000 per orang.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Pantai Liman terkenal sebagai pantai yang masih alami dan belum tersentuh oleh perkembangan pariwisata yang berlebihan. Terdapat banyak aktifitas yang dapat dilakukan di pantai ini, antara lain:

1. Bermain Air dan Pasir

Dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang biru, pantai ini sangat cocok untuk bermain air dan pasir bersama keluarga atau teman-teman.

2. Snorkeling

Dengan air laut yang jernih, snorkeling menjadi aktifitas yang wajib dilakukan di Pantai ini. Biaya sewa peralatan snorkeling sekitar Rp50.000 per orang.

3. Menikmati Pemandangan

Pantai ini juga cocok untuk menikmati pemandangan indah dari tepian laut. Dapat dibuat sebagai tempat piknik atau bercengkerama bersama keluarga ataupun teman.

4. Memancing

Bagi penggemar memancing, Pantai ini juga menyediakan spot memancing yang cukup baik. Jenis ikan yang biasa ditemukan di Pantai ini adalah ikan Tenggiri, Barakuda, dan Layang.

BACA JUGA  Wisata Blitar: Sebuah Destinasi Wisata yang Menakjubkan di Jawa Timur

Penginapan Terdekat

Untuk penginapan, Pantai ini tidak banyak menyediakan fasilitas penginapan. Namun, terdapat beberapa homestay dan villa yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp500.000 – Rp1.000.000 per malam. Di antaranya:

1. Villa Salapan

Terletak 1 km dari Pantai ini, Villa Salapan menawarkan suasana yang tenang dan nyaman dengan view untuk melihat laut. Harga sewa per malam mulai dari Rp750.000.

2. Wisma Rezeki Pantai Liman

Wisma yang terletak di tepi Pantai ini ini menyediakan kamar-kamar yang bersih dan nyaman. Sewa per malam mulai dari harga Rp500.000.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk Pantai ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp10.000 per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan Pantai dan segala fasilitas yang disediakan.

Kesimpulan

Pantai Liman merupakan destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih asli. Dengan aktifitas yang dapat dilakukan seperti bermain air dan pasir, snorkeling, menikmati pemandangan, dan memancing, Pantai ini bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan akhir pekan.

Semoga bermanfaat.