Perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Business

Perbedaan WhatsApp dan WhatsApp Business

WhatsApp merupakan aplikasi chat paling populer Indonesia. Sebelum aplikasi ini banyak digunakan, dahulu kita mengenal aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) yang unik dikarenakan saling tukar PIN BBM. Namun, seiring perkembangan jaman, aplikasi BBM pun tenggelam dan digantikan oleh WhatsApp.

Seringkali kita sebagai pengguna tidak sadar bahwa ada dua aplikasi WhatsApp yang dapat didownload di Play Store ataupun App Store.

WhatsApp dan WhatsApp Business adalah dua aplikasi chat yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, banyak yang masih bingung dengan perbedaan keduanya.

Berikut ini Perbedaan Antara WhatsApp dan WhatsApp Business.

1. Tujuan Penggunaan

WhatsApp Business ditujukan bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi chat untuk keperluan bisnis, seperti untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirimkan pesan promosi, dan sebagainya. Sedangkan, WhatsApp biasa digunakan untuk keperluan pribadi, seperti berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega.

2. Fitur

WhatsApp Business memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak ada di WhatsApp biasa. Salah satunya adalah fitur Quick Replies, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan yang sering digunakan dan dapat digunakan kembali dengan mudah. Fitur ini sangat membantu pengguna yang ingin merespon pesan dengan cepat.

Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki fitur WhatsApp Web, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi melalui browser desktop atau laptop. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menjawab pesan dari pelanggan dengan lebih efisien.

3. Nama dan Profil

Pada WhatsApp Business, pengguna dapat menambahkan informasi bisnis, seperti alamat, email, dan website pada profil. Sementara itu, pada WhatsApp biasa, pengguna hanya dapat menambahkan nama dan foto profil.

4. Verifikasi

WhatsApp Business juga memiliki verifikasi bisnis yang berbeda dengan WhatsApp biasa. Verifikasi bisnis pada WhatsApp Business dilakukan dengan cara mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon. Setelah kode verifikasi diterima, pengguna dapat mengisi informasi bisnis seperti alamat dan jam kerja.

BACA JUGA  Aplikasi Ketipung Android: Memudahkan Anda Bermain Musik Tradisional

5. Broadcast

WhatsApp Business memiliki fitur broadcast, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan massal ke beberapa pelanggan sekaligus. Fitur ini sangat berguna untuk mengirimkan pesan promosi atau informasi penting mengenai bisnis.

Sementara itu, WhatsApp biasa tidak memiliki fitur broadcast. Namun, pengguna masih bisa mengirimkan pesan ke beberapa kontak sekaligus melalui fitur grup chat.

6. Biaya

Kedua aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun, WhatsApp Business menawarkan fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap, seperti yang telah dijelaskan di atas. Beberapa fitur tersebut mungkin memerlukan biaya langganan tertentu.

7. Integrasi dengan Aplikasi Lain

WhatsApp Business dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi bisnis lainnya, seperti Shopify, WooCommerce, dan sebagainya. Integrasi ini memudahkan pengguna untuk mengelola pesanan dan mempercepat proses transaksi bisnis.

Sementara itu, WhatsApp biasa tidak memiliki integrasi dengan aplikasi lain.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp dan WhatsApp Business memiliki perbedaan dalam tujuan penggunaan, fitur, nama dan profil, verifikasi, broadcast, biaya, dan integrasi dengan aplikasi lain. Bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi chat untuk keperluan bisnis, sebaiknya menggunakan WhatsApp Business untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan memudahkan dalam mengelola bisnis. Namun, bagi pengguna yang hanya menggunakan aplikasi chat untuk keperluan pribadi, WhatsApp biasa sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Pengguna WhatsApp Business juga perlu memperhatikan etika dalam penggunaannya. Jangan mengirimkan pesan spam atau mengganggu pelanggan dengan pesan yang tidak relevan. Selain itu, jangan juga mengirimkan pesan di luar jam kerja yang telah ditentukan, kecuali dalam keadaan darurat.

WhatsApp dan WhatsApp Business adalah dua aplikasi chat yang memiliki perbedaan dalam tujuan penggunaan, fitur, nama dan profil, verifikasi, broadcast, biaya, dan integrasi dengan aplikasi lain. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Pastikan juga menggunakan aplikasi dengan etika yang baik agar tidak mengganggu orang lain dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau teman Anda.

BACA JUGA  Aplikasi Android Paling Populer