Pulau Santen Wisata Eksotis di Tengah Laut Jawa

Pulau Santen: Wisata Eksotis di Tengah Laut Jawa

Sudahkah kamu mengunjungi Pulau Santen di Kepulauan Seribu? Jika belum, kamu harus segera merencanakan liburan ke sana. Pulau ini adalah salah satu destinasi wisata eksotis di Indonesia yang perlu kamu kunjungi. Terkenal dengan keindahan pantainya, kehidupan bawah laut yang memukau, dan suasana yang tenang dan nyaman.

Rute Menuju Pulau Santen

Pulau Santen terletak di Kepulauan Seribu, sekitar 50 km dari Jakarta. Kamu bisa menuju pulau ini dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Muara Angke. Kapal biasanya berangkat pada pukul 08.00 pagi dan akan tiba di lokasi sekitar 2-3 jam kemudian. Tiket kapal bisa dibeli di loket di Pelabuhan Muara Angke dengan harga sekitar Rp 100.000 per orang.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Pulau Santen menawarkan banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selama di sana. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan:

1. Snorkeling dan Menyelam

Pulau ini memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa. Kamu bisa melakukan snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang hidup di sana. Kamu juga bisa menyewa alat snorkeling atau menyelam di lokasi wisata dengan harga mulai Rp 50.000 per orang.

2. Bermain Pasir

Pantai di Pulau ini sangat indah dan tenang. Kamu bisa bermain pasir, berjemur, atau sekedar beristirahat di bawah naungan pohon-pohon kelapa yang rindang.

3. Berkeliling Pulau

Pulau ini cukup kecil, sehingga kamu bisa berkeliling pulau dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda. Kamu akan menemukan banyak pemandangan indah selama berkeliling pulau.

4. Menikmati Kuliner Lokal

Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Pulau ini tanpa mencicipi kuliner lokal yang lezat. Kamu bisa mencoba makanan laut segar seperti ikan bakar atau kepiting saus padang yang dijual di warung-warung di sekitar pantai.

BACA JUGA  Menikmati Keindahan Alam di Carocok dengan Aktivitas Seru

Penginapan Terdekat

Pulau Santen tidak memiliki banyak penginapan, namun kamu masih bisa menemukan beberapa penginapan yang nyaman dan terjangkau di sekitar pulau. Berikut adalah beberapa penginapan terdekat yang bisa kamu pilih:

1. Pantai Santen Homestay

Pantai Santen Homestay adalah penginapan yang terletak di sebelah pantai. Kamarnya bersih dan nyaman dengan harga mulai dari Rp 300.000 per malam.

2. Wisata Bahari Cottage

Wisata Bahari Cottage adalah penginapan yang dilengkapi dengan kolam renang dan berada di sekitar pantai. Kamarnya bersih dan nyaman dengan harga mulai dari Rp 500.000 per malam.

3. Pulau Macan Resort

Pulau Macan Resort adalah penginapan yang lebih mewah dan eksklusif. Kamarnya dilengkapi dengan AC dan terletak di atas laut. Harga mulai dari Rp 2.000.000 per malam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke Pulau ini, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi wisata sebesar Rp 25.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir kapal di pelabuhan.

Kesimpulan

Pulau Santen adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan pantai, kekayaan bawah laut, dan suasana yang tenang di sana. Jangan lupa untuk mencoba kuliner lokal dan memilih penginapan yang nyaman selama di sana.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk merencanakan liburanmu!