Sanghyang Heulang Wisata Alam Indah di Garut

Sanghyang Heulang: Wisata Alam Indah di Garut

Garut tidak hanya dikenal sebagai kota industri, namun juga memiliki pesona alam yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu wisata alam yang bisa dikunjungi adalah Sanghyang Heulang. Terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, wisata ini menawarkan keindahan alam yang memesona dan beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang Sanghyang Heulang.

Rute Menuju Sanghyang Heulang

Sanghyang Heulang terletak sekitar 30 km dari pusat kota Garut. Untuk menuju ke lokasi, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Lokasi wisata ini bisa dicapai melalui jalan raya Cibatu – Garut – Bandung. Setelah sampai di Kecamatan Tarogong Kaler, ikuti petunjuk arah menuju wisata ini yang sudah tersedia.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Sanghyang Heulang menawarkan beragam aktivitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Di sini, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah, berjalan-jalan di hutan pinus, atau bermain air di sungai yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seperti camping, hiking, atau bersepeda di sekitar lokasi wisata.

Bagi wisatawan yang menyukai olahraga air, wisata ini juga menawarkan aktivitas rafting di Sungai Cimanuk. Wisatawan akan melewati jeram-jeram yang menguji adrenalin sepanjang perjalanan. Jika ingin mencoba aktivitas ini, wisatawan bisa menghubungi operator rafting yang sudah tersedia di sekitar lokasi wisata.

Penginapan Terdekat

Sanghyang Heulang juga menawarkan penginapan yang nyaman bagi wisatawan yang ingin menginap di lokasi wisata. Berikut adalah penginapan terdekat yang bisa dipilih:

1. Camping area

Menyediakan area camping yang cukup luas dan nyaman untuk wisatawan yang ingin berlibur dengan cara berkemah. Harga sewa tenda berkisar antara Rp 100.000 – Rp 200.000 per malam.

BACA JUGA  Wisata Alam Datuk

2. Homestay

Ada beberapa homestay yang tersedia di sekitar lokasi wisata dengan harga sewa homestay berkisar antara Rp 200.000 – Rp 450.000 per malam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan, wisatawan harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Kesimpulan

Sanghyang Heulang adalah wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang memesona dan beragam aktivitas seru yang bisa dinikmati. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini bisa menikmati pemandangan alam yang indah, berjalan-jalan di hutan pinus, bermain air di sungai yang jernih, camping, hiking, atau bersepeda di sekitar lokasi wisata. Selain itu, wisata ini juga menawarkan aktivitas rafting di Sungai Cimanuk yang menguji adrenalin wisatawan. Untuk penginapan, tempat wisata ini menyediakan area camping dan homestay dengan harga yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk ke lokasi wisata juga tergolong murah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi dan nikmati pesona alamnya!

Semoga bermanfaat.