Satuan dari Momentum Adalah...

Satuan dari Momentum Adalah…

Apa Itu Momentum?

Sebelum membahas tentang satuan dari momentum, kita harus terlebih dahulu memahami apa itu momentum. Momentum adalah besaran fisika yang menggambarkan seberapa kuat benda tersebut bergerak. Momentum adalah hasil dari perkalian massa dan kecepatan suatu benda. Semakin besar massa dan kecepatan suatu benda, maka semakin besar pula momentum yang dihasilkan.

Satuan Momentum

Satuan dari momentum adalah Newton-sekon atau disingkat dengan Ns, dapat juga ditulis dengan Kg.m/s. Ini merupakan hasil dari perkalian satuan massa (Kg) dan satuan kecepatan (m/s).

Contoh Penerapan Satuan Momentum

Contoh penerapan satuan momentum adalah pada saat kita melakukan sebuah kegiatan sehari-hari (klik disini), seperti bersepeda. Saat bersepeda, kita akan merasakan momentum yang dihasilkan oleh benda tersebut. Semakin cepat kita bersepeda, maka semakin besar pula momentum yang dihasilkan. Satuan momentum pada saat bersepeda dapat dihitung dengan rumus p = m.v, dimana p adalah momentum, m adalah massa, dan v adalah kecepatan.

Perbedaan Satuan Momentum dengan Energi Kinetik

Walaupun satuan dari momentum dan energi kinetik sama-sama menggunakan satuan Kg.m/s, namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Momentum mengukur kekuatan gerakan suatu benda, sedangkan energi kinetik mengukur seberapa besar energi yang dimiliki oleh suatu benda pada saat bergerak.

Kesimpulan

Dalam fisika, satuan dari momentum adalah Newton-sekon atau disingkat dengan Ns. Satuan ini merupakan hasil dari perkalian satuan massa dan satuan kecepatan. Momentum mengukur kekuatan gerakan suatu benda, sedangkan energi kinetik mengukur seberapa besar energi yang dimiliki oleh suatu benda pada saat bergerak. Baca juga Arti Literally dalam Bahasa Gaul.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Apa Arti NT dalam Bahasa Gaul?