Pantai Tanjung Pendam Wisata Pesisir yang Menenangkan

Pantai Tanjung Pendam: Wisata Pesisir yang Menenangkan

Pulau Belitung tidak hanya terkenal dengan batu-batunya yang indah, tetapi juga memiliki pantai-pantai yang memukau. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Pendam. Dengan pasir putih dan air laut yang jernih, pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Rute Menuju ke Pantai Tanjung Pendam

Untuk menuju lokasi, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di kota Tanjung Pandan. Dari pusat kota, perjalanan kurang lebih hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, bisa naik angkutan kota (angkot) dengan rute Tanjung Pandan – Depati Amir. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 5.000,- per orang.

Aktivitas di Lokasi Wisata

Selain menikmati pemandangan yang indah, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

1. Berenang

Air laut di Pantai ini memiliki kedalaman yang cukup dangkal sehingga aman bagi pengunjung untuk berenang. Tapi tetap disarankan untuk berhati-hati dan mengikuti instruksi dari penjaga pantai.

2. Bermain Pasir

Tidak hanya berenang, pengunjung juga bisa bermain pasir di sepanjang pantai. Pasir yang putih dan halus, cocok untuk membuat bangunan pasir atau sekadar bermain-main.

3. Bersepeda

Untuk yang suka berolahraga, bisa menyewa sepeda di sekitar pantai dan berkeliling menikmati pemandangan sekitar. Biaya penyewaan sepeda kurang lebih Rp 25.000,- per jam.

4. Menyaksikan Sunrise

Pantai ini juga menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Waktu yang tepat untuk menikmati sunrise adalah pada pukul 05.00 – 06.00 pagi.

Penginapan Terdekat

Setelah lelah bermain di pantai, pengunjung bisa menginap di hotel terdekat. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan dekat pantai:

BACA JUGA  Air Terjun Tirai, Keindahan Alam yang Menakjubkan di Indonesia

1. Swiss-Belresort Tanjung Binga

Hotel berbintang empat ini terletak di area Tanjung Binga, sekitar 30 menit dari pantai ini. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp 1.000.000,- per malam.

2. Santika Premiere Beach Resort

Hotel bintang lima ini terletak di Jalan Pattimura, Tanjung Pandan. Dari pantai, hotel ini hanya berjarak 5 km. Tarif kamar mulai dari Rp 1.500.000,- per malam.

3. Aston Belitung Hotel and Resort

Hotel ini terletak di Jalan Pattimura, Tanjung Pandan. Dari pantai, hotel ini hanya berjarak 7 km. Biaya menginap di hotel ini mulai dari Rp 800.000,- per malam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke wisata pantai ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun, pengunjung wajib membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,- per kendaraan.

Kesimpulan

Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Belitung. Selain menyajikan pemandangan yang indah, pantai ini juga menyediakan banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Jadi, sudah siap menikmati keindahan pantai ini?

Semoga bermanfaat.