Sholat Jenazah Takbir ke 4 Doa Terakhir untuk Sang Mayit

Sholat Jenazah Takbir ke 4: Doa Terakhir untuk Sang Mayit

Sholat Jenazah Takbir ke 4: Doa Terakhir untuk Sang Mayit – Sholat jenazah merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat muslim ketika seseorang meninggal dunia. Sholat jenazah memiliki syarat dan rukun yang harus dilakukan dengan benar agar sah. Salah satu rukun sholat jenazah adalah takbir ke empat. Takbir ke empat ini menjadi doa terakhir untuk sang mayit sebelum dikebumikan.

Syarat Sah Sholat Jenazah

Sebelum membahas tentang takbir ke empat, mari kita bahas terlebih dahulu syarat sah sholat jenazah. Syarat sah sholat jenazah antara lain:

1. Orang yang sholat harus muslim.

2. Jenazah harus sudah dimandikan.

3. Jenazah harus sudah dikafani.

4. Jenazah harus sudah disalati.

5. Sholat dilakukan di atas tanah dan tidak boleh di atas kayu atau keramik.

Jika semua syarat di atas telah terpenuhi, maka sholat jenazah yang dilakukan akan sah.

Rukun Sholat Jenazah

Terdapat empat rukun sholat jenazah yang wajib dilakukan agar sholat jenazah sah, yaitu:

1. Niat sholat jenazah.

2. Menempatkan jenazah di depan kita.

3. Membaca takbiratul ihram sebanyak empat kali.

4. Membaca doa untuk jenazah dan berdoa untuk keselamatan umat Islam.

Jika salah satu rukun di atas tidak dilakukan, maka sholat jenazah dianggap tidak sah.

Takbir Ke Empat

Takbir ke empat merupakan doa terakhir untuk sang mayit sebelum dikebumikan. Dilakukan setelah membaca doa untuk jenazah dan berdoa untuk keselamatan umat Islam. Takbir ke empat dilakukan dengan membaca takbir sebanyak satu kali.

Takbir ke empat mengandung makna bahwa kita merelakan dan mengikhlaskan jenazah yang telah meninggal dunia. Kita berdoa agar jenazah mendapatkan tempat terbaik di akhirat dan kita juga berdoa agar kita dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan menghadapi cobaan.

BACA JUGA  Bacaan Niat Sholat Subuh Sendiri

Doa untuk Jenazah

Setelah membaca takbir ke empat, kita harus membaca doa untuk jenazah. Doa untuk jenazah ini merupakan doa yang sangat penting karena kita memohon kepada Allah SWT agar jenazah mendapatkan tempat terbaik di akhirat dan diberikan keselamatan.

Berikut ini adalah doa untuk jenazah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ وَالْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, berikanlah kesembuhan baginya, maafkanlah dia, muliakanlah rumahnya dan lapangkanlah kuburnya, bersihkanlah dia dengan air, salju, dan es, sucikanlah dia dari dosa-dosanya seperti baju putih yang dicuci dari kotorannya, berikanlah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya dan keluarga yang lebih baik dari keluarganya, berikanlah dia pasangan hidup yang lebih baik dari pasangannya, masukkanlah dia ke surga dan lindungilah dia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Doa Keselamatan untuk Umat Islam

Setelah membaca doa untuk jenazah, kita harus berdoa untuk keselamatan umat Islam (klik disini). Doa keselamatan umat Islam ini merupakan doa yang sangat penting karena kita memohon kepada Allah SWT agar umat Islam selalu dalam lindungan-Nya.

Berikut ini adalah doa keselamatan untuk umat Islam:

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وَسَلَّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيعٌ قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah salam dan rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan salam dan rahmat kepada keluarga Nabi Ibrahim. Ya Allah, berikanlah berkat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau memberikan berkat kepada keluarga Nabi Ibrahim. Ya Allah, ampunilah orang-orang laki-laki dan perempuan muslim, orang-orang laki-laki dan perempuan mu’min, yang masih hidup dan yang sudah meninggal, karena Engkau Maha Mendengar, Maha Dekat, Maha Mengabulkan doa.

BACA JUGA  Nama Anak Laki Laki: Memilih Nama yang Tepat untuk Si Kecil

Kesimpulan

Sholat jenazah merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat muslim ketika seseorang meninggal dunia. Terdapat syarat dan rukun yang harus dilakukan dengan benar agar sholat jenazah sah. Salah satu rukun sholat jenazah adalah takbir ke empat. Takbir ke empat dilakukan setelah membaca doa untuk jenazah dan berdoa untuk keselamatan umat Islam. Takbir ke empat menjadi doa terakhir untuk sang mayit sebelum dikebumikan.

Semoga artikel tentang Sholat Jenazah Takbir ke 4 ini bermanfaat.